Khumaida, Lud (2011) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia dalam pembelajaran bahasa Arab kelasIII semester 2 tahun ajaran 2010-2011 Sekolah Dasar Al-Kautsar Pasuruan / Lud Khumaida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengembangan Multimedia Bahasa Arab Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri teks grafis gambar foto suara video dan animasi secara terintegrasi. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran berbasis multimedia dalam pembelajaran Bahasa Arab kelas III yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang ditentukan dan peningkatan partisipasi dan motivasi belajar siswa. Pengembangan dilaksanakan di Sekolah Dasar Al-Kautsar Pasuruan. Pengambilan data yang digunakan meliputi instrumen angket untuk ahli media ahli materi audiens dan hasil tes belajar untuk subyek penelitian. Dalam sistematika pengembangannya terdapat langkah-langkah yang akan dilalui guna mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahap-tahap tersebut adalah sebagai berikut (1) identifikasi kebutuhan (2) analisis yang tujuan (3) pengembangan materi (4) mengembangkan alat evaluasi (5) produksi (6) menyusun petunjuk pemanfaatan (7) validasi (8) revisi.. Hasil pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia. Media tersebut divalidasikan pada ahli media ahli materi dan siswa. Multimedia ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media mencapai tingkat kevalidan 98 3% ahli materi mencapai tingkat kevalidan 85% uji kelompok kecil mencapai tingkat kevalidan 94% uji lapangan mencapai tingkat kevalidan 92%. Berdasarkan hasil pengembangan telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia dalam pembelajaran Bahasa Arab kelas III Semester 2 SD Al-Kautsar Pasuruan valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Arab. Saran yang diajukan hendaknya produk Multimedia interaktif yang dihasilkan ini dapat ditindak lanjuti dalam kegiatan pasca pengembangan baik sebagai media variasi pada penyampaian mata pelajaran dapat dijadikan media pembelajaran yang dapat meningkatan partisipasi dan motivasi belajar bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/236 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |