Pengembangan panduan pelatihan manajemen waktu untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa SMP / Ulfa Yuniarisla - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan manajemen waktu untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa SMP / Ulfa Yuniarisla

Yuniarisla, Ulfa (2018) Pengembangan panduan pelatihan manajemen waktu untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa SMP / Ulfa Yuniarisla. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Yuniarisla Ulfa. 2017. Pengembangan Panduan Pelatihan Manajemen Waktu untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Budi Santoso M.Pd. (II) Dr. Henny Indreswari M.Pd. Kata Kunci Prokrastinasi Akademik Manajemen Waktu. Prokrastinasi akademik adalah perilaku yang tidak efisien dalam menggunakan waktu untuk memulai mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas akademiknya dengan melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan sehingga kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual menjadi tidak seimbang yang akan mengakibatkan keterlambatan dalam mengerjakan tugas. Berdasarkan hasil analisis skala prokrastinasi akademik siswa menunjukkan hasil tinggi sebanyak 59% sedangkan hasil sedang menunjukkan sebanyak 41%. Hasil ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami prokrastinasi akademik sehingga siswa yang menunjukkan hasil tinggi membutuhkan pelatihan manajemen waktu untuk dapat mengurangi prokrastinasi akademiknya tersebut. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan panduan pelatihan manajemen waktu untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa SMP yang berisi serangkaian kegiatan dan materi pelatihan yang disusun secara sistematis untuk konselor dan siswa. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi langkah Borg Gall (1983). Prosedur yang dilaksanakan adalah (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) uji coba produk awal dan (5) melakukan revisi dan penyajian produk panduan pelatihan manajemen waktu untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa SMP. Produk diuji berdasarkan aspek keberterimaan yang dikembangkan menjadi instrumen skala penilaian oleh peneliti. Subjek uji coba dibagi menjadi dua yaitu uji coba produk awal dan uji lapangan terbatas. Uji coba produk awal telah dilakukan oleh ahli materi dan ahli media sedangkan uji lapangan terbatas dilakukan oleh calon pengguna yaitu konselor dan siswa. Berdasarkan uji ahli materi oleh Dosen Jurusan Bimbingan dan Konseling ahli media oleh Dosen Jurusan Teknologi Pendidikan calon pengguna produk oleh konselor dan calon pengguna oleh siswa bahwa panduan pelatihan manajemen waktu sangat berterima secara praktis dan teoritis. Sedangkan data kualitatif pada lembar saran dijadikan sebagai pertimbangan dalam revisi produk. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah produk panduan pelatihan manajemen waktu untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa SMP telah memenuhi aspek kegunaan kelayakan ketepatan dan kepatutan. Untuk mengetahui keefektifan panduan pelatihan ini konselor dan peneliti lain dapat melakukan uji eksperimen dengan kelompok terbatas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2353

Actions (login required)

View Item View Item