Pengembangan paket bimbingan sinema edukasi untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa SMP di sekolah berbasis pondok pesantren / Listina Atul Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket bimbingan sinema edukasi untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa SMP di sekolah berbasis pondok pesantren / Listina Atul Hidayah

Hidayah, Listina Atul (2018) Pengembangan paket bimbingan sinema edukasi untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa SMP di sekolah berbasis pondok pesantren / Listina Atul Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayah Listina A. 2017. Pengembangan Paket Bimbingan Sinema Edukasi untuk Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa SMP di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Muslihati S.Ag. M.Pd. (II) Dr. IM. Hambali M.Pd. Kata kunci Penyesuaian Diri Pondok Pesantren Sinema Edukasi. Penyesuaian diri merupakan suatu proses yang dilakukan seseorang secara terus menerus untuk menyeimbangkan diri dengan tuntutan lingkungan untuk dapat mencapai kenyamanan dalam menjalani aktivitas. Berdasarkan need assessment di SMP plus Al-Fatimah Bojonegoro diketahui permasalahan yang dihadapi oleh sebagian besar siswi baru ketika tinggal di asrama pondok pesantren yaitu tidak betah merasa tidak mampu mengatur waktu dan kegiatan merasa terlalu lelah ingin pindah sekolah ingin pulang karena rindu orangtua menyendiri dan menarik diri dari lingkungan hal-hal tersebut merupakan gejala ketika seseorang tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan (Hurlock 2000) yang akhirnya mengakibatkan siswa boyong bahkan ketika semester awal baru dimulai satu pekan. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan paket bimbingan penyesuaian diri menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik sinema edukasi untuk membantu siswa kelas VII meningkatkan kemampuan penyesuaian diri di sekolah berbasis pondok pesantren. Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi langkah Borg Gall (1983). Prosedur yang dilaksanakan adalah (1) pengumpulan data (2) penyusunan produk (3) uji coba produk (4) revisi produk dan (5) penyajian produk penelitian. Produk diuji berdasarkan aspek keberterimaan yang dikembangkan menjadi instrumen skala penilaian oleh peneliti. Subjek uji coba dibagi menjadi dua yaitu uji coba produk awal dan uji lapangan terbatas. Uji coba produk awal telah dilakukan oleh ahli materi dan ahli media sedangkan uji lapangan terbatas dilakukan oleh calon pengguna yaitu konselor. Data kuantitatif dari hasil uji ahli materi media dan calon pengguna dianalisis menggunakan inter-rater agreement model (Gregory 2011) serta hasil berupa saran dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil uji ahli materi oleh Dosen Jurusan Bimbingan dan Konseling ahli media oleh Dosen Jurusan Teknologi Pendidikan dan Jurusan Bimbingan dan Konseling diperoleh indeks validitas sangat tinggi dianalisis menggunakan inter-rater agreement model (Gregory 2011). Sedangkan data deskripstif pada lembar saran perbaikan dijadikan sebagai pertimbangan dalam revisi produk. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian dan pengembangan ini adalah produk paket bimbingan sinema edukasi untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa SMP di sekolah berbasis pondok pesantren telah memenuhi aspek kegunaan ketepatan kemudahan dan kemenarikan. Untuk mengetahikeefektifan paket bimbingan ini konselor dan peneliti lain dapat melakukan uji eksperimen dengan kelompok terbatas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2351

Actions (login required)

View Item View Item