Peningkatan kualitas pembelajaran pada konsep tetapan kesetimbangan dengan pendekatan problem posing siswa kelas II SMU Panjura Malang oleh Dwi Indrayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kualitas pembelajaran pada konsep tetapan kesetimbangan dengan pendekatan problem posing siswa kelas II SMU Panjura Malang oleh Dwi Indrayanti

Indrayanti, Dwi (2010) Peningkatan kualitas pembelajaran pada konsep tetapan kesetimbangan dengan pendekatan problem posing siswa kelas II SMU Panjura Malang oleh Dwi Indrayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi tetapan kesetimbangan merupakan materi yang dianggap sulit oleh siswa SMU Panj ura Malang. Nilai rata-rata ulangan harian II siswa kelas II semester 1200212 003 sebesa5r 5 6.D alam materi ini dipelajarit etapank esetimbangan berdasarkank onsentrasi d erajatd isosiasi d an tetapank esetimbanganb erdasarkan tekanan parsial untuk reaksi fasa gas. Berdasarkan kenyataan tersebut. perlu adanya pendekatan pembelajaran yang baru untuk meningkatkan kualitas pembela.jaran sisway aitu denganp endekatanproblempo sing (pengajuans oal).Y ang menjadi permasalahannyaa dalaha pakahd enganp endekatanp roblem posing dapal meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas II SMU Panjura Malang. Subyek penelitiana dalahs iswak elasI I-2 SMU PanjuraM alang sebanyak3 0 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. SiklusI siswam embuats oalk emudiand iselesaikans endiri.H asil yang diperoleh dari siklus I adalahn ilai rata-ratate s kemampuanp roblemp osfug sebesa5r .33 sedangkann ilai rata-ratate s pemahamans iswas ebesarI 1 9 dari nilai tes pemahaman siswa antara 9 sampai dengan I 7 nilai maksimum 2l . Siklus II siswa membuat soal kemudiand iselesaikano leh siswal ain. Hasil yang diperolehd ari siklus II adalah nilai rata-rata tes kemampuanproblem poslng sebesar 6 67 sedangkan nilai rata-rata tesp emahamank onseps iswas ebesar1 8 53 d ari nilai tes pemahamans iswaa ntara 15 sampai dengan 25 nilai maksimum 28. Pada siklus II siswa lebih aktif dibandingkan siklus I. Dengan demikian pendekatanproblem posing dapal meningkatkan kualitas pembelajaran yang ditunjukkan adanya peningkatan pemahamank onseps iswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23497

Actions (login required)

View Item View Item