Puspitasari, Heni Putri (2017) Keefektifan eknik sosiodrama untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Selopuro-Blitar / Heni Putri Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Puspitasari Heni Putri. 2017. Keefektifan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Selopuro-Blitar. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Carolina L. Radjah M.Kes. (II) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd. Kata Kunci sosiodrama kepedulian sosial siswa kelas VII SMP Kepedulian sosial adalah sikap maupun tindakan yang selalu ingin memberi bantuan kepada orang lain. Hal ini dimulai dari kemauan memberi bukan menerima. Sikap kepedulian sosial dapat muncul karena adanya dorongan pada diri untuk melakukan sesuatu dalam mengatasinya. Lingkungan terdekat yang berpengaruh besar dalam menentukan tingkat kepedulian sosial seseorang. Lingkungan yang dimaksud disini adalah lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Kepedulian sosial menjadi persoalan yang penting karena memiliki akibat bagi diri sendiri jika tidak segera diatasi. Melalui teknik sosiodrama siswa mendapat kesempatan untuk berlatih melakukan kegiatan memainkan peran tertentu berdasarkan kehidupan sosial. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen dengan bentuk pre-experimental dengan desain penelitian One Group Pretes-Posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Selopuro-Blitar sebanyak 21 orang siswa yang dipilih berdasarkan hasil pengisian angket kepedulian sosial dan memiliki kategori skor rendah dan sedang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kepedulian sosial yang sudah melewati uji validitas sebanyak 50 butir dan yang valid sebanyak 45 butir dan uji reliabilitas sebesar 0 932 serta panduan eksperimen teknik sosiodrama yang telah di ujikan melalui uji ahli. Analisis data yang digunakan adalah Paired T-Test dengan menggunakan bantuan SPSS versi 15.00 for windows. Analisis statistik menggunakan uji beda paired samples test ini digunakan untuk mengetahui perbedaan kepedulian siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik sosiodrama dapat meningkatkan kepedulian sosial siswa kelas VII SMP. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan skor posttest kepedulian sosial dan hasil uji Paired T-Test yang menyatakan t hitung 10 300 dengan dengan Sig. (2-tailed) 0.000 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini diajukan saran kepada sekolah konselor dan peneliti selanjutnya yaitu sekolah dan konselor hendaknya menerapkan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMP sebagai referensi pada pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk memantau dalam jangka panjang untuk melihat perkembangan dan perubahan kepedulian sosial siswa setelah pemberian treatment selain itu juga perlu melakukan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian yang memiliki variabel kontrol untuk mengukur keefektifan teknik sosiodrama. ABSTRACT Puspitasari Heni Putri. 2017. The Effectiveness of Sociodrama Techniques to Improve Social Concern of Grade VII Students of Public Junior High School 1 Selopuro-Blitar. Thesis Department Guidance and Counseling. Faculty of Science Education. Malang State University. Advisor (I) Dr. Carolina L. Radjah M.Kes. (II) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd. Keywords sociodrama social awareness students class VII junior high school Social concern is an attitude and act that always want to give help to others. This starts from the willingness to give not to receive. The attitude of social awareness can arise because of self-impetus to do something about it. The immediate environment has great influence in determining the level of one s social concern. The environment in question here is the family environment school environment and community environment. Social concern becomes an important issue because it has its own consequences if not addressed immediately. Through sociodrama techniques students get the opportunity to practice performing certain role-playing based on social life. This research has purpose to know effectiveness of sociodrama technique to increase social awareness of VII junior high school students. This research uses experimental design with pre-experimental shape with One Group Pretes-Posttest research design. The subjects of the study were the students of class VII of Public Junior High School 1 Selopuro-Blitar as many as 21 students selected based on the results of the questionnaire of social concern and have low and medium score category. The instrument used in this study is a questionnaire of social awareness that has passed the validity test as much as 50 items and a valid 45 grains and reliability test of 0 932 as well as guidelines of experimental sociodrama techniques that have been tested through expert test. The data analysis used is Paired T-Test using SPSS version 15.00 for windows. Statistical analysis using paired samples test different test used to know the difference of caring of student before and after given treatment. The results showed that sociodrama technique can increase social awareness of VII junior high school students. It can be seen from the increase of posttest score of social awareness and Paired T-Test test result which states t hitung 10 300 with with Sig. (2-tailed) 0.000 0.05 so H0 is rejected and H1 accepted. Based on the results of this study proposed suggestions to schools counselors and further researchers namely schools and counselors should apply sociodrama techniques to improve social awareness of junior high school students as a reference on the implementation of guidance and counseling programs. Suggestions for future researchers to monitor in the long term to see the development and changes in social awareness of students after the treatment but also need to conduct experimental research using research design that have control variable to measure the effectiveness of sociodrama techniques.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2343 |
Actions (login required)
View Item |