Azizah (2017) Pengembangan inventori kecerdasan intrapersonal bagi siswa SMP se-kota Malang / Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Azizah. 2017. Pengembangan Inventori Kecerdasan Intrapersonal bagi Siswa SMP se-Kota Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. M. Ramli M. Pd. (2) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah M. Pd. Kata Kunci inventori kecerdasan intrapersonal siswa SMP Kecerdasan dianggap sebagai keberhasilan dan kesuksesan anak. Kecerdasan biasa dihubungkan dengan IQ tinggi dan hasil akademik bagus. Kehidupan saat ini tidak hanya memerlukan sekedar kecerdasan akademis atau IQ saja yang memegang peranan penting dalam menjalani kehidupan. Kecerdasan intrapersonal merupakan salah satu dari beberapa kecerdasan. Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam memahami diri sendiri menyadari kelebihan dan kelemahan mengenali perasaan diri dan dapat mengekspresikannya dan mampu mengarahkan dirinya secara mandiri.Kecerdasan intrapersonal terdiri dari tiga aspek yaitu mengenal diri mengetahui apa yang diinginkan dan mengetahui apa yang dianggap penting. Pengembangan inventori kecerdasan intrapersonal dilaksanakan atas dasar adanya kebutuhan instrumen pengumpulan data sebagai bagian yang penting dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan inventori kecerdasan intrapersonal bagi siswa SMP yang memiliki validitas reliabilitas dan penormaan yang memenuhi syarat. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan dengan beberapa langkah yang meliputi identifikasi tujuan ukur operasionalisasi konsep penskalaan dan pemilihan format stimulus penulisan item dan review item uji coba analisis item kompilasi I seleksi item pengujian reliabilitas dan validitas kompilasi II format final. Populasi dalam penelitian ini yaitu 21277 siswa SMPN se-Kota Malang diambil 406 siswa sebagai sampel penelitian dengan teknik multistage random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan inventori kecerdasan intrapersonal. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor dengan bantuan program SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inventori kecerdasan intrapersonal siswa SMP memiliki validitas reliabilitas dan penormaan yang memenuhi syarat. Hasil penilaian keterbacaan menunjukkan bahwa inventori kecerdasan intrapersonal mudah dipahami oleh siswa. Hasil uji validitas merujuk pada nilai KMO-MSA sebesar 0 852 dan harga anti image correlation menunjukkan semua butir memiliki nilai 8805 0 5. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach menunjukkan nilai sebesar 0 893. Penormaan menggunakan norma lokal dalam bentuk persentil poin. Inventori kecerdasan intrapersonal ini berupa pernyataan dari 108 butir menjadi 63 butir pernyataan dengan 15 indikator. Dari hasil penelitian tersebut berarti inventori kecerdasan intrapersonal ini telah memenuhi syarat dan dapat digunakan sebagai instrumen pengumpulan data kecerdasan intrapersonal dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMP.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2338 |
Actions (login required)
View Item |