Nurhadi, Muhammad (2017) Pengembangan manual modeling melalui film biografi untuk memodifikasi kepercayaan diri siswa SMP / Muhammad Nurhadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nurhadi Muhammad. 2017. Pengembangan Manual Modeling Melalui Film Biografi untuk Memodifikasi Kepercayaan Diri Siswa SMP. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. AndiMappiare A.T (II) Dra. Ella Faridati Zen M.Pd. Kata Kunci modeling film biografi kepercayaan diri. Penelitian pengembangan manual modeling melalui film biografi untuk memodifikasi kepercayaan diri siswa SMP ini bertolak pada ditemukannya banyak kasus rendahnya kepercayaan diri siswa yang menjadi faktor penghambat perkembangan peserta didik dan minimnya penggunaan modeling dengan memanfaatkan sinema edukasi sebagai media bimbingan. Modeling merupakan pembentukan tingkah laku atau perilaku baru dengan cara meniru model yang dianggap ideal. Modeling dilakukan dengan menggunakan media berupa film. Film biografi merupakan film yang menceritakan kisah hidup seseorang atau tokoh yang mempunyai nilai-nilai sosial atau pesan moral seperti kepercayaan diri. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengetahui keberterimaan isi produk meliputi ketepatan kegunaan kelugasan kekomprehensifan dan keberterimaan format dari produk ini meliputi ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan rancangan procedural dengan tahapan yaitu 1) menentukan masalah penelitian 2) melakukan perencanaan penelitian 3) mendesain produk 4) pengujian manual 5) perbaikan/revisi manual 6) uji lapangan 7) revisi produk akhir. Pengumpulan data yang dilakukan untuk memperoleh penilaian yang diberikan oleh ahli bimbingan konseling dan calon pengguna menggunakan skala penilaian yang berbentuk rating scale. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data numerikal yang dianalisis dengan analisis rerata yakni untuk mencari nilai rata-rata isi dan format manual dan data verbal berupa komentar yang diperoleh dari hasil uji ahli bimbingan dan konseling serta calon pengguna produk yakni berupa saran tanggapan dan masukan berupa tulisan maupun lisan lalu dipertimbangkan untuk penyempurnaan produk manual modeling. Hasil penelitian berdasarkan penelitian yang telah dilakukan keberterimaan isi manual modeling yang dikembangkan dinilai sangat tepat sangatberguna sangat lugas dan sangat komprehensif. Sedangkan keberterimaan format manual modeling dinilai sangat tepat sangat berguna sangat mudah dan sangat menarik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa manual modeling melalui film biogafi untuk memodifikasi kepercayaan diri siswa SMP yang dikembangkan telah dapat diterima isi dan formatnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2335 |
Actions (login required)
View Item |