Royanudin, Moch. (2009) Pengembangan media pembelajaran audio visual pada materi sifat fisika dan sifat kimia zat untuk SMP kelas VII / Moch. Royanudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan materi kimia sudah masuk dalam materi IPA SMP. Ilmu kimia merupakan ilmu yang sebagian aspeknya bersifat abstrak. Hal ini menimbulkan masalah bagi siswa karena harus mempelajari sesuatu yang abstrak. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu digunakan pendekatan yang meliputi strategi pembelajaran dan media pembelajaran yang dipakai. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa adalah strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Selain strategi pembelajaran untuk lebih memantapkan pemahaman siswa harus ditunjang dengan media pembelajaran yang inovatif. Beberapa media yang dapat dipakai untuk proses pembelajaran adalah bahan ajar dan media audio-visual. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media audio-visual. 2) mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan bahan ajar. 3) mengetahui perbedaan hasil belajar kedua kelompok siswa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental komparatif yaitu penelitian yang menggambarkan perbedaan prestasi belajar antara kedua kelas eksperimen yang akan diberi perlakuan yang berbeda yaitu model pembelajaran STAD berbantuan bahan ajar dengan model pembelajaran STAD berbantuan media audio visual. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes akhir yang telah dilakukan validasi butir soal hasilnya diperoleh 22 soal valid dan 18 soal tidak valid dari 40 soal yang diujicobakan. Raliabilitas soal sebesar 0 72 dan menunjukkan tingkat reliabilitas tinggi. Data prestasi belajar yang diperoleh sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan kedua kelompok siswa mengalami kenaikan prestasi hasil belajar yang ditunjukkan dari data rata-rata prestasi belajar yaitu 80 untuk kelas audio-visual dan 73.39 untuk bahan ajar. Dari hasil pengujian hipotesis dengan uji t prestasi belajar menunjukkan nilai t hitung sebesar 4.147 nilai tersebut lebih besar daripada harga t tabel yaitu 1.67 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 20 Malang yang diajar dengan model pembelajaran STAD berbantuan media audio visual lebih tinggi dibandingkan prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 20 Malang yang diajar dengan model pembelajaran STAD berbantuan media bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Aug 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/23309 |
Actions (login required)
View Item |