Penerapan model pembelajaran PBL yang dikompilasi dengan diagram Vee pada materi pokok faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi kimia SMA kelas XI SMA Negeri 1 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Sintawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran PBL yang dikompilasi dengan diagram Vee pada materi pokok faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi kimia SMA kelas XI SMA Negeri 1 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Sintawati

Sintawati (2009) Penerapan model pembelajaran PBL yang dikompilasi dengan diagram Vee pada materi pokok faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi kimia SMA kelas XI SMA Negeri 1 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Sintawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Beberapa hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran kimia. Langkah-langkah dalam PBL sangat terbuka untuk dikompilasi dengan strategi pembelajaran lainnya teramasuk diagram Vee. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) aktivitas belajar siswa selama pembelajaran PBL yang dikompilasi dengan Diagram Vee berlangsung (2) sikap siswa setelah pembelajaran PBL yang dikompilasi dengan Diagram Vee berlangsung dan (3) perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengalami pembelajaran PBL yang dikompilasi dengan Diagram Vee dan PBL saja. Penelitian ini merupakan penelitian dengan rancangan ganda yaitu deskriptif dan eksperimen semu. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Malang pada bulan November 2006. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI yang terbagi menjadi enam kelas. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik acak kluster (kelompok) dengan undian dua tahap terpilih kelas XI IPA IV sebagai kelas eksperimen yang mengalami pembelajaran PBL yang dikompilasi dengan Diagram Vee dan kelas XI IPA I sebagai kelas kontrol yang mengalami pembelajaran PBL saja. Penelitian ini menggunakan dua jenis instrumen yaitu instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran meliputi rencana pembelajaran tes kognitif lembar observasi dan angket. Sebelum digunakan instrumen penelitian telah dilakukan validasi isi. Hasil validasi tersebut adalah 97% valid sehingga dapat dikatakan bahwa semua instrumen dinyatakkn sudah valid. Untuk tes kognitif selain divalidasi isi juga dilakukan uji coba terhadap mahasiswa kimia tingkat I yang sedang menempuh mata kuiah Kimia Dasar. Hasil dari uji coba tersebut menunjukkan reliabilitas soal sebesar 0 75. Hasi penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang mengalami pembelajaran PBL yang dikompilasi dengan diagram Vee (x 76 92) lebih tinggi daripada kelas yang mengalami pembelajaran PBL saja (x 74 74). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) aktivitas siswa semakin baik pada pembelajaran PBL yang dikompilasi dengan Diagram Vee terlihat dari persentase keaktifan siswa yang semakin baik dalam setiap kegiatan siswa yang diobservasi (2) persepsi siswa terhadap penggunaan pembelajaran PBL yang dikompilasi dengan Diagram Vee menunjukkan hasil yang positif ditunjukkan dengan 98% (41 orang) menunjukkan sikap setuju dan satu orang siswa (2%) menunjukkan sikap tidak setuju dan tidak seorang pun yang bersikap sangat tidak setuju dan (3) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang mengalami pembelajaran PBL yang dikompilasi dengan diagram Vee dan siswa yang mengalami pembelajaran PBL saja. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru bidang studi kimia untuk mencoba menerapkan pembelajaran PBL yang dikompilasi dengan diagram Vee.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23245

Actions (login required)

View Item View Item