Pengembangan "permainan monopoli" untuk pengenalan karir siswa sekolah dasar kelas V / Linda Maftuhatun Nikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan "permainan monopoli" untuk pengenalan karir siswa sekolah dasar kelas V / Linda Maftuhatun Nikmah

Nikmah, Linda Maftuhatun (2017) Pengembangan "permainan monopoli" untuk pengenalan karir siswa sekolah dasar kelas V / Linda Maftuhatun Nikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nikmah Linda Maftuhatun . 2016. PengembanganPermainanMonopoliuntukPengenalanKarirSiswaSekolahDasarKelasV.Skripsi JurusanBimbingandanKonseling FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Widada M.Si (II) Drs. Djoko Budi Santoso M.Pd. Kata Kunci permainanmonopoli pengenalankarir siswasekolahdasarkelas V Penelitianinidikembangkanberdasarkanujiteoritikdanujiempirik.Ujiteoritikdilakukandenganmenganalisisteori-teoritentangkarakteristiksiswasekolahdasar.Ujiempirikdilakukandengancarawawancaradengan guru di SekolahDasardanjugapembagianintstrumenkesadarankarir. Berdasarkanhasilwawancaradanneed assessment yang dilakukandapatdiketahuibahwabimbingandankonseling di SD khususnyabimbingankarirmasihbelumterlaksanasecaramaksimal. Olehkarenaitu pengembangmembuatsebuah media yang dapat di gunakanoleh guru SD untukmemberikanmateribimbingankarirkhususnyapengenalanjenis-jenispekerjaan. Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkanproduk yang dapatdigunakansebagaisaranakonseloratau guru sekolahdasardalampemberianlayananbimbingankarirkhususnyapengenalanjenis-jenispekerjaanuntuksiswasekolahdasarkelas Vdenganmenggunakanteknikpermainansimulasi (monopoli). Penelitianinimerupakanpenelitianpengembanganmenggunakan model pengembangan (Research and Development) Borg and Gall (1983).Analisis data dilakukandenganpendekatankualitatifdankuantitatif.Data kuantitatif yang diperolehakandiolahdenganteknikdeskriptifpersentaseyaitudengancaramengubah data kuantitatif yang kemudiandiinterpretasikandengankalimat yang bersifatkualitatif. Teknikanalisiskuantitatifdigunaansaatmenganalisisangketkesadarandiridanskalainterpretasi format penilaianproduk.Sedangkananalisiskualitatifdilakukanuntukhasilwawancaradengan guru sekolahdasardan saran yang diterimadariahlimateridanahli media BK. Hasilpenelitianiniberupa media permainanmonopolikarier yang mendapatvalidasisecarateoritisdengankelayakansecarateoritisdengankelayakanaspekmateri 78% danaspek media 91 38%. Dari deskripsitersebut media permainanmonopolilayakdandapatdiimplementasikanuntukkegiatanpemberianlayananbimbingankarierdenganmateripengenalankarierpadasiswasekolahdasarkelas V. Berdasarkanhasilpenelitianpengembanganini disarankankepada guru di SDN Kendalrejo 01 KecamatanTalunKabupatenBiltaruntukmenggunakan media inidalampemberianlayananbimbingankarirkepadasiswakelas V danuntukpenelitiselanjutnyadapatmengembangkanperangkatpermainanmonopoli yang dihasilkandenganmelakukanujicobapadakelompokoperasionaluntukmengetahuiefektivitasnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2303

Actions (login required)

View Item View Item