Pengembangan panduan sosiodrama untuk meningkatkan konsep diri siswa SMP / Arda Nurdihansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan sosiodrama untuk meningkatkan konsep diri siswa SMP / Arda Nurdihansyah

Nurdihansyah, Arda (2016) Pengembangan panduan sosiodrama untuk meningkatkan konsep diri siswa SMP / Arda Nurdihansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurdihansyah Arda. 2016. PengembanganPanduan Sosiodrama untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa SMP. Skripsi JurusanBimbingandanKonseling FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Harmiyanto M.Pddan (II) Dr. Triyono M.Pd. Kata Kunci panduan sosiodrama konsepdiri siswa SMP Masa remaja merupakan masa pencarian identitas diri. Pada pencarian jati diri atau identitas diri remaja cenderung dipengaruhi oleh lingkungan sosial ilmu pengetahuan kemajuan teknologi dan informasi yang mereka dapat sehari hari. Dari fenomena yang penulis temui di lapangan remaja cenderung mengikuti tren yang kekinian misalnya dalam hal model pakaian bahasa perilaku model rambut dan alat-alat pemuas kebutuhan sehari-hari lainya yang terkesan dipaksakan tanpa melihat kemampuan yang dimiliki. Fenomena tersebut merupakan pencarian identitas diri yang negatif karena tidak disesuaikan dengan kemampuan atau potensi yang dimilikinya sehingga dapat mempengaruhi konsep diri individu tersebut. Konsep diri adalah bagaimana individu melihat dirinya sebagai pribadi serta bagaimana individu membentuk manusia yang ideal menurut dirinya sesuai kemampuan dan potensi yang dmiliki. Terkait konsep diri konselor mempunyai tanggung jawab untuk membimbing siswa agar dapat meningkatkan konsep diri yang dimiliki siswa salah satu layanan yang dipandang dapat meningkatkan konsep diri siswa adalah teknik sosiodrama. Tujuan pengembangan adalah menghasilkan panduan sosiodrama untuk meningkatkan konsep diri siswa SMP yang dapat diterima berdasarkan ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikannya. Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan yang memilikisembilanlangkahpenelitian yang diadaptasidarisepuluhlangkahpenelitianpengembangan Borg Gall. Sembilan langkahtersebutadalahResearch and Information Collecting Planning Develop Preliminary of Product Preliminary Field Testing Main Product Revision Main Field Test Operational Revision Product Operational filed testing Final Product Revision UjicobadalampenelitianinidilakukanmelaluilangkahPreliminary Field Testingadalahuji ahli materibimbingandankonseling dan ahli media pembelajaran. UjicobaprodukdalamlangkahMain Field Testmelibatkankonselorsebagaicalonpenggunaprodukdanlangkah Operational filed testingsiswasebagaisasaranlayananproduk. Instrumenpenelitian yang digunakanadalahinventorikonsep dirisiswa instrumenpenilaianahlidancalonpengguna produk. Data yang didapatkan dari hasil pengujian berupa data kuantitatif data kualitatif dan data pre test and post test saat melakukan uji kelompok kecil. Berdasarkan hasil data kuantitatif diperoleh penilaian dari ahli materi Bimbingan dan Konseling tepat sangat berguna mudah dan sangat menarik. Penilaian ahli media sangat tepat sangat berguna mudah dan sangat menarik. Penilaian calon pengguna produk (konselor) sangat tepat sangat berguna sangat mudah dan menarik. Hasil uji coba kelompok kecil diketahui ada perubahan konsep diri sebelum dan sesudah diberikannya layanan bimbingan dengan panduan sosiodrama yang telah dikembangkan. Kesemua penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa Panduan sosiodrama untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa SMP sangat layak dan efektif digunakan sebagai salah satu layanan bimbingan terhadap siswa Saran yang diberikanadalah (1) konselor lebih memanfaatkan waktu yang telah di sediakan dan sebelum melakukan permainan drama konselor harus memberikan penjelasan alur cerita kepada pemain peran agar alur cerita yang dibawakan bisa runtut atau alur kedepan (2) penelitiselanjutnyadapatmelanjutkanpenelitiandenganujicobakelompokbesardalamrangkaujiefektifitasproduk penelitiantindakanbimbingan ataupunpengembanganprodukuntuktopik lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2287

Actions (login required)

View Item View Item