Pengembangan panduan bimbingan dengan teknik diskusi untuk meningkatkan adversity quotient siswa SMA / Riki Anggrian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan bimbingan dengan teknik diskusi untuk meningkatkan adversity quotient siswa SMA / Riki Anggrian

Anggrian, Riki (2016) Pengembangan panduan bimbingan dengan teknik diskusi untuk meningkatkan adversity quotient siswa SMA / Riki Anggrian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggrian Riki. 2016. Pengembangan Panduan Bimbingan dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Adversity quotient Siswa SMA. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Ella Faridati Zen M.Pd (II) Drs. H. Widada M.Si. Kata Kunci Panduan bimbingan adversity quotient teknik diskusi pendekatan experiential learning Layanan bimbingan dan konseling di sekolah berfungsi untuk membangun kondisi sejahtera bagi siswa agar tercapai perkembangan optimal berdasarkan standard kemandirian. Dalam aktifitas belajar terkadang siswa mengalami beberapa masalah yang muncul dan mengakibatkan terhambatnya proses belajar mengajar. Masalah tersebut dipengaruhi adanya konflik internal maupun eksternal yang dapat menurunkan daya belajar menghilangkan gairah belajar serta menurunkan kepercayaan diri/sikap optimis siswa. Oleh sebab itu kemampuan siswa dalam menghadapi kesulitan/adversity quotient mutlak diperlukan agar siswa memiliki ketahanan dalam menghadapi kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan bimbingan dengan teknik diskusi untuk meningkatkan adversity quotient siswa SMA yang dapat diterima berdasarkan ketepatan kegunaan dan kemenarikan. Produk berupa buku panduan bimbingan ini dapat digunakan oleh konselor untuk meningkatkan adversity quotient siswa SMA. Panduan bimbingan untuk meningkatkan adversity quotient ini berisi petunjuk dalam melaksanakan serangkaian kegiatan bimbingan dengan teknik diskusi menggunakan pendekatan experiential learning secara terprogram. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan/research and development dengan menggunakan desain penelitian yang dikembangkan oleh Borg Gall. Prosedur penelitian ini dilaksanakan melalui lima tahapan yaitu (1) perencanaan (2) pengembangan produk awal (3) uji coba produk (4) revisi (5) produk akhir. Instrument penelitian berupa angket/kuesioner. Sedangkan data yang diperoleh berupa data kuantitatif numerikal dan verbal. Analisis data numerikal dilakukan dengan menggunakan perhitungan rerata/mean dan data verbal dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil uji ahli bimbingan dan konseling serta ahli media dan pembelajaran produk pengembangan dikategorikan ke dalam kriteria sangat tepat sangat berguna dan sangat menarik. Hasil uji calon pengguna produk produk pengembangan dikategorikan ke dalam kriteria sangat tepat sangat berguna dan sangat menarik. Sehingga secara keseluruhan produk yang dikembangkan dapat dikategorikan ke dalam kriteria sangat tepat sangat berguna dan sangat menarik untuk digunakan dalam meningkatkan adversity quotient siswa SMA. Saran bagi kepala sekolah hendaknya memberikan fasilitas agar pelaksanaan bimbingan untuk meningkatkan Adversity quotient di sekolah terlaksana secara optimal. Saran bagi konselor hendaknya memahami buku panduan terlebih dahulu agar pelaksanaan kegiatan bimbingan dapat terlaksana secara efektif. Saran bagi peneliti selanjutnya penelitian ini dapat dilanjutkan dengan menguji efektifitas produk dan mendesiminasikannya pada pertemuan-pertemuan professional atau jurnal ilmiah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2285

Actions (login required)

View Item View Item