Pengaruh keterampilan perencanaan akademik, kemampuan memonitor diri, dan keterampilan mengevaluasi diri terhadap prokrastinasi akademik siswa SMP Negeri se-kota Malang / Oktaviana Winda Shaladin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh keterampilan perencanaan akademik, kemampuan memonitor diri, dan keterampilan mengevaluasi diri terhadap prokrastinasi akademik siswa SMP Negeri se-kota Malang / Oktaviana Winda Shaladin

Shaladin, Oktaviana Winda (2016) Pengaruh keterampilan perencanaan akademik, kemampuan memonitor diri, dan keterampilan mengevaluasi diri terhadap prokrastinasi akademik siswa SMP Negeri se-kota Malang / Oktaviana Winda Shaladin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shaladin Oktaviana Winda. 2016. Pengaruh Keterampilan Perencanaan Akademik Kemampuan memonitor Diri Keterampilan Mengevaluasi Diri terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Negeri se Kota Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. IM. Hambali M.Pd (II) Dr. Dany Moenindyah Handarini M.A. Kata Kunci Keterampilan Perencanaan Akademik Kemampuan Memonitor Diri Keterampilan Mengevaluasi Diri Prokrastinasi Akademik Prokrastinasi cenderung pada perilaku siswa yang ditunjukkan dengan bermalas-malasan mengerjakan tugas pada waktu yang terlalu dekat dengan deadline tergantung pada teman lain yang dapat menjadikan siswa melakukan penundaan dalam mengerjakan tugas-tugas akademik. Hal tersebut dapat menimbulkan keterlambatan dalam mengumpulkan tugas bahkan kegagalan dalam menyelesaikan tugas akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan perencanaan akademik kemampuan memonitor diri dan keterampilan mengevaluasi diri terhadap prokrastinasi akademik siswa SMP se kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh SMP Negeri yang berada di Kota Malang. Sampel yang diambil dalam penelitian menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 499 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan skala prokrastinasi tes keterampilan perencanaan akademik inventori kemampuan memonitor diri dan tes keterampilan mengevaluasi diri. Untuk uji kelayakan instrumen penelitian menggunakan uji validasi dan reliabilitas untuk skala prokrastinasi akademik dan inventori kemampuan memonitor diri sedangkan untuk uji kelayakan instrumen tes keterampilan perencanaan akademik dan tes keterampilan mengevaluasi diri menggunakan uji validitas reliabilitas uji tingkat kesukaran soal dan uji daya pembeda. Selain itu data juga juga di analisis dengan menggunakan regresi ganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh keterampilan perencanaan akademik yang negatif signifikan terhadap prokrastinasi akademik (2) ada pengaruh kemampuan memonitor diri yang negatif signifikan terhadap prokrastinasi akademik (3) ada pengaruh keterampilan mengevaluasi yang negatif signifikan terhadap prokrastinasi akademik (4) keterampilan perencanaan akademik kemampuan memonitor diri dan keterampilan mengevaluasi diri secara bersama-sama yang negatif signifikan terhadap prokrastinasi akademik. Berdasarkan hasil dari penelitian ini diberikan saran sebagai berikut (1) hasil penelitian ini dapat memberikan dasar konselor untuk mengembangkan aspek keterampilan perencanaan akademik kemampuan memonitor diri dan keterampilan mengevaluasi diri untuk mengatasi dan mencegah prokrastinasi akademik siswa dengan cara memberikan layanan bimbingan dan konseling untuk siswa (2) hasil penelitian dapat digunakan oleh guru mata pelajaran serta personil sekolah untuk memahami prokrastinasi akademik siswa dengan pemahaman karena prokrastinasi akademik dipengaruhi oleh keterampilan perencanaan akademik kemampuan memonitori diri dan keterampilan mengevaluasi diri (3) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menulis penelitian mengenai variabel-variabel lain dalam teori self regulated learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2278

Actions (login required)

View Item View Item