Winarlin, Retno (2016) Efektivitas teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku agresif verbal siswa SMP / Retno Winarlin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Winarlin Retno. 2016. Efektivitas Teknik Sosiodrama Melalui Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd dan (II) Drs. H. Widada M. Si. Kata kunci sosiodrama perilaku agresif agresif verbal Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya fenomena perilaku agresif yang terjadi di lingkungan sekolah. Hal ini dikarenakan agresi merupakan salah satu dari kenakalan yang umum dilakukan oleh siswa. Tindakan agresi yang sering dilakukan siswa berupa perkataan seperti mengejek atau menghina mengucapkan kata-kata kotor membantah mudah marah dan berteriak. Hal ini dapat berdampak buruk bagi pelaku maupun korban agresi. Pihak sekolah kurang tepat dalam menangani pelaku agresi sehingga perilaku agresif verbal semakin marak terjadi di lingkungan sekolah khususnya sekolah menengah pertama (SMP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku agresif verbal siswa SMP. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest postest dengan satu kelompok eksperimen. Treatment berupa teknik sosiodrama yang diberikan sebanyak lima kali pertemuan. Peneliti melakukan pengukuran sebelum dan setelah perlakuan untuk melihat perubahan subyek penelitian. Subyek penelitian sebanyak 16 siswa kelas VIII yang memiliki skor agresivitas verbal tinggi. Pretest dan postest berupa inventory perilaku garesif verbal yang masing-masing dilaksanakan sekali. Hasil analisis uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan nilai Z -3.517a dengan p 0.000 dan dari mean 236 69 turun menjadi 122 75 artinya bahwa teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok efektif untuk mengurangi perilaku agresif verbal siswa SMP. Saran yang diajukan (1) konselor dapat menggunakan teknik sosiodrama untuk mengurangi perilaku agresif (2) konselor diharapkan membantu siswa untuk mengurangi perilaku agresif verbal melalui layanan konseling setelah pelaksanaan sosiodrama (3) hasil penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas subyek penelitian di sekolah dan jenjang yang berbeda tetapi memiliki ciri perilaku agresif verbal tinggi (4) untuk menggunakan rancangan penelitian yang menggunakan kelompok kontrol untuk peneltian yang serupa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2256 |
Actions (login required)
View Item |