Pengembangan panduan pelatihan keterampilan mengelola emosi sebagai upaya preventif perilaku bullying siswa SMP / Luthfita Cahya Irani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan keterampilan mengelola emosi sebagai upaya preventif perilaku bullying siswa SMP / Luthfita Cahya Irani

Irani, Luthfita Cahya (2016) Pengembangan panduan pelatihan keterampilan mengelola emosi sebagai upaya preventif perilaku bullying siswa SMP / Luthfita Cahya Irani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irani Luthfita Cahya. 2016. Pengembangan Panduan Pelatihan Keterampilan Mengelola Emosi sebagai Upaya Preventif Perilaku Bullying Siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany Moenindyah Handarini M.A. (II) Drs. Lutfi Fauzan M.Pd. Kata Kunci panduan mengelola emosi bullying siswa SMP. Berbagai faktor penyebab timbulnya perilaku bullying pada siswa disekolah salah satunya adalah tingkat keterampilan mengelola emosiyang rendah. Keterampilan mengelola emosi merupakan salah satu aspek pengembangan kepribadian individu yang berfungsi sebagai pengendali diri dari berbagai perilaku maladaptif termasuk bullying. Proses terjadinya bullying diawali dari sebuah peristiwa yang menyebabkan timbulnya emosi negatif yang selanjutnya emosi tersebut akan membawa seseorang pada pilihan untuk mengatasi melarikan diri atau menantang terhadap emosi negatif yang ia rasakan. Aspek menantang inilah yang dianggap sangat serius sebab menjadi akar dari timbulnya perilaku bullying sehingga seseorang dengan tingkat keterampilan mengelola emosi yang tinggi memiliki kecenderungan yang rendah terhadap perilaku bullying. Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan terhadap 301 siswa SMP terkait skala keterampilan mengelola emosi di 5 sekolah yang tersebar di 5 kecamatan di Kota Malang diketahui bahwa 4 31% atau 13 siswa masuk pada skala sangat rendah selanjutnya 48 1% atau 145 siswa masuk pada skala rendah sisanya berturut-turut masuk pada skala sedang tinggi dan sangat tinggi dengan perolehan persentase 41 5% atau 125 siswa 4 9% atau 15 siswa dan 1 6% atau 5 siswa. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat keterampilan mengelola emosi siswa SMP di Kota Malang masuk pada kategori rendah yang artinya banyak siswa memiliki kecenderungan untuk berpotensi melakukan perilaku bullying di sekolah. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini ialah menghasilkan panduan pelatihan keterampilan mengelola emosi sebagai upaya preventif perilaku bullying siswa SMP yang terdiri dari buku panduan pelatihan untuk konselor media DVD pelatihan untuk konselor buku materi untuk siswa dan buku format kerja siswa. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan penelitian model Borg Gall (1983) dengan tahap-tahap yang dimodifikasi sesuai dengan keterbatasan dan asumsi untuk memaksimal setiap tahap penelitian. Tahap yang digunakan ialah 1) penelitian awal dan pengumpulan data 2) perencanaan 3) pengembangan produk awal 4) uji coba produk awal 5) perbaikan produk awal dan 6) uji coba produk lanjutan dan perbaikan produk akhir. Hasil uji ahli bimbingan dan konseling psikologi dan teknologi pendidikan menunjukkan kesepakatan yang tinggi terhadap produk berdasarkan aspek kegunaan kemenarikan ketepatan dan kepatutan. Melalui skala penilaian yang diberikan pada calon pengguna produk menunjukkan hasil bahwa panduan pelatihan keterampilan mengelola emosi sebagai upaya preventif perilaku bullying siswa SMP telah memenuhi kriteria keberterimaan yaitu berguna menarik tepat dan patut untuk diterapkan pada siswa SMP yang masuk pada skala keterampilan mengelola emosi yang rendah. Sehubungan dengan pemanfaatan yang didasarkan pada hasil temuan di lapangan terdapat saran bagi konselor agar produk yang dihasilkan ini dapat digunakan dalam kegiatan kurikulum pengembangan diri siswa dengan melakukan kajian lebih lanjut dengan pihak-pihak sekolah yang berwenang. Disamping itu untuk kegiatan pengembangan produk bagi peneliti selanjutnya adalah melaksanakan uji kelompok kecil untuk mengetahui keefektifan panduan pelatihan keterampilan mengelola emosi sebagai upaya preventif perilaku bullying siswa SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2249

Actions (login required)

View Item View Item