Nastiti, Titis Firdia (2016) Pengembangan panduan pelatihan kesadaran diri melalui drama Segitiga Karpman untuk mencegah perilaku bullying siswa SMP / Titis Firdia Nastiti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nastiti Titis Firdia. 2016. Pengembangan Panduan Pelatihan Kesadaran Diri melalui Drama Segitiga Karpman untuk Mencegah Perilaku Bullying Siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pebimbing (1) Dr. Dany M. Handarini M. A. (2) Dr. Andi Mappiare A. T. M.Pd. Kata Kunci Panduan Kesadaran Diri Bullying Penelitian pengembangan panduan pelatihan kesadaran diri melalui drama segitiga karpman untuk mencegah perilaku bullying siswa SMP yang dilatar belakangi oleh maraknya kasus tindakan bullying yang dilakukan siswa. Perilaku bullying disebabkan karena rendahnya kesadaran diri yang dimiliki siswa dalam mencegah perilaku bullying sehingga diperlukan panduan untuk meningkatkan kesadaran diri dalam mencegah perilaku bullying siswa SMP. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan panduan pelatihan kesadaran diri untuk mencegah perilaku bullying siswa SMP sebagai panduan pelatihan yang dapat digunakan oleh konselor dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling secara optimal. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg and Gall (1983). Prosedur pengembangan yang dilakukan adalah sebagai berikut 1) tahap penelitian pendahuluan (pra survei) 2) tahap perencanaan 3) pengembangan produk 4) uji coba tahap awal 5) revisi terhadap produk utama berdasarkan masukan dan saran-saran dari hasil uji lapangan awal. Isi dari produk yang dihasilkan yakni berupa buku panduan pelatihan kesadaran diri untuk mencegah perilaku bullying siswa SMP. Dalam buku panduan ini berisi pelatihan untuk membantu siswa dalam mencegah perilaku bullying disertai dengan langkah-langkah dalam mencegah perilaku bullying menggunakan materi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari agar memudahkan siswa dalam pelaksanaan pelatihan. Berdasarkan hasil analisis data penilaian para ahli dan calon pengguna produk serta revisi-revisi yang telah dilakukan sesuai saran dan masukan terhadap panduan pelatihan kesadaran diri untuk mencegah perilaku bullying siswa SMP dapat disimpulkan bahwa panduan untuk konselor berguna sangat tepat layak dan patut. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pengembangan panduan pelatihan kesadaran diri untuk mencegah perilaku bullying siswa SMP sekolah memfasilitasi agar dapat dijadikan referensi untuk diterapkan disekolah lainnya dengan menyesuaikan karakter siswa disetiap sekolah pengguna produk harus mempelajari dan memahami pelatihan kesadaran diri untuk mencegah perilaku bullying siswa SMP agar dapat diaplikasikan kepada siswa dan dapat meningkatkan kesadaran diri siswa sehingga konselor dapat memfasilitasi siswa dengan layanan bimbingan dan konseling yang optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2247 |
Actions (login required)
View Item |