Keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik kelas XI IPA pada materi hidrolisis garam / Dien Wahyushanti Fitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik kelas XI IPA pada materi hidrolisis garam / Dien Wahyushanti Fitriana

Fitriana, Dien Wahyushanti (2018) Keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik kelas XI IPA pada materi hidrolisis garam / Dien Wahyushanti Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Fitriana Dien Wahyushanti. 2018. Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Kelas XI IPA pada Materi Hidrolisis Garam. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muntholib S.Pd. M.Si. (II) Dr. Yudhi Utomo M.Si. Kata kunci argumen keterampilan argumentasi ilmiah hidrolisis garam. Argumentasi dalam sains atau argumentasi ilmiah bukan suatu gagasan sosial yang melibatkan konflik tetapi merupakan wacana logis yang bertujuan untuk memperkuat kesimpulan menggunakan bukti dan penalaran ilmiah. Peserta didik yang memiliki keterampilan argumentasi yang baik dapat membangun pengetahuannya secara utuh dan menerapkannya untuk menjelaskan fenomena maupun kontroversi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menginterpretasi keterampilan berargumentasi ilmiah peserta didik yang meliputi keterampilan menentukan klaim memaparkan bukti dan memberikan alasan pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei. Analisis validitas dan reliabilitas soal dilakukan melalui tahap uji coba dengan melibatkan 35 peserta didik. Sedangkan identifikasi keterampilan argumentasi ilmiah dilakukan terhadap 61 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis keterampilan argumentasi ilmiah yang terdiri dari 12 butir soal yang dikembangkan peneliti dengan mengacu pada asesmen Walker (2011) dan Sampson et al. (2016). Instrumen telah valid secara isi sebesar 86 7% dan valid secara butir dengan reliabilitas Cronbach s Alpha tinggi sebesar 0 730. Hasil survei menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik adalah 50 2% (cukup) dengan rincian keterampilan (a) menentukan klaim dalam kategori baik (74 2%) (b) memaparkan bukti dalam kategori cukup (52 1%) dan (c) memberikan alasan ilmiah dalam kategori kurang (25 0%). Secara umum peserta didik belum mampu memaparkan bukti dan memberikan alasan yang spesifik untuk mendukung klaim yang dipilih serta belum mampu membedakan item yang termasuk bukti dan alasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22447

Actions (login required)

View Item View Item