Pengembangan modul Kimia berbasis scientific approach pada materi Koloid untuk siswa SMA/MA kelas XI / Amanatul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul Kimia berbasis scientific approach pada materi Koloid untuk siswa SMA/MA kelas XI / Amanatul Jannah

Jannah, Amanatul (2018) Pengembangan modul Kimia berbasis scientific approach pada materi Koloid untuk siswa SMA/MA kelas XI / Amanatul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Jannah Amanatul. 2018. Pengembangan Modul Kimia Berbasis Scientific Approach pada Materi Koloid untuk Siswa SMA/MA Kelas XI. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Endang Budiasih M.S sebagai dosen pembimbing 1 dan (2) Dr. Yudhi Utomo M.Si sebagai dosen pembimbing 2. Kata Kunci koloid scientific approach model 4D. Koloid merupakan salah satu materi dalam ilmu kimia yang membutuhkan daya hafalan dan pemahaman yang cukup karena materi koloid erat sekali kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Materi koloid memiliki beberapa karakteristik diantaranya 1) memiliki banyak istilah asing yang harus dipelajari seperti kondensasi adsorpsi elektroforesis dan lain sebagainya 2) sebagian besar materi koloid berupa pemahaman konseptual dan bukan merupakan pemahaman algoritmik 3) materi koloid bersifat konkrit dan kontekstual. Banyak sekali siswa yang mengalami miskonsepsi dan tidak faham pada materi koloid disebabkan strategi pembelajaran yang digunakan belum sesuai dengan karakteristik materi koloid. Kurikulum 2013 mengedepankan esensi scientific approach pada proses pembelajaran. Scientific approach merupakan suatu proses pembelajaran melalui kegiatan 5M yaitu mengamati menanya mengumpulkan data mengasosiasi dan mengkomunikasikan agar siswa aktif mengkonstruk konsep secara mandiri. Banyaknya siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi koloid karena strategi pembelajaran yang digunakan belum sesuai dengan karakteristik materi penggunaan strategi pembelajaran tertentu membutuhkan bahan ajar yang sesuai. Tujuan dari pengembangan ini untuk menghasilkan produk bahan ajar yang berupa modul guru dan modul siswa dengan menggunakan scientific approach yang memenuhi kelayakan dari segi isi tampilan tata letak dan bahasa. Modul ini dikembangkan dengan model 4D dari Thiagarajan dkk model 4D terdiri dari 4 tahap yaitu define design develop dan disseminate akan tetapi pengembangan ini terbatas pada tahap develop. Modul yang dikembangkan oleh Peneliti divalidasi oleh validator ahli berdasarkan angket penilaian. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa skor persentase dari angket dan data kualitatif berupa saran dan komentar yang diberikan oleh validator ahli dan uji keterbacaan oleh kelompok kecil. Hasil pengembangan yang divalidasi oleh validator ahli diperoleh skor 95 2% dengan kriteria sangat layak untuk modul siswa dan skor 92 9% dengan kriteria sangat layak untuk modul guru hasil dari uji keterbacaan oleh kelompok kecil dengan 10 siswa diperoleh skor 87 2% dengan kriteria sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22426

Actions (login required)

View Item View Item