Khotimah, Rahmawati Husnul (2016) Hubungan antara academic self-concept, academic self-efficacy, self-esteem dan academic procrastination pada siswa SMP Negeri di Kota Malang / Rahmawati Husnul Khotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khotimah Rahmawati Husnul. 2015. Hubungan antara academic self-concept academic self-efficacy academic self-esteem dan academic procrastination pada siswa SMP Negeri di Kota Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Carolina Ligya Radjah M.Kes (II) Dr. Dany M Handarini M.A. Kata kunci Academic Procrastination Academic Self-concept Academic Self-efficacy Self-esteem Prokrastinasi akademik ialah suatu penundaan untuk memulai maupun menyelesaikan tugas akademik dikarenakan siswa memiliki keyakinan yang menyimpang tentang kegiatan akademik keyakinan akan kegagalan pemberian label negatif terhadap diri kritik diri dan keinginan memperoleh hasil kerja yang sempurna. Prokrastinasi akademik dipengaruhi oleh faktor eksternal maupun internal. Faktor eksternal seperti lingkungan keluarga dan sekolah sedangkan faktor internal (kondisi psikologis) meliputi karakter individu misalnya konsep diri self-efficacy dan self-esteem yang berkaitan dengan akademik. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan self-concept akademik self-efficacy akademik dan self esteem terhadap prokrastinasi akademik pada siswa SMP Negeri di Kota Malang. Variabel bebas dalam penelitian ini ialah self-concept akademik self-efficacy akademik self-esteem sedangkan variabel terikatnya ialah prokrastinasi akademik. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan rancangan penelitian korelasional. Populasi yang digunakan ialah siswa SMP Negeri di Kota Malang sampel penelitian berjumlah 393 siswa yang diperoleh melalui metode pengambilan sampel multistage random sampling. Untuk mengukur konsep diri akademik efikasi diri akademik harga diri dan prokrastinasi akademik digunakan skala konsep diri akademik skala efikasi diri akademik skala harga diri dan skala prokrastinasi akademik yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh empat kesimpulan 1) terdapat hubungan negatif antara self-concept akademik dengan prokrastinasi akademik 2) terdapat hubungan negatif antara self-efficacy akademik dengan prokrastinasi akademik 3) terdapat hubungan negatif antara self-esteem dengan prokrastinasi akademik 4) secara bersama ketiga variabel bebas memberikan kontribusi terhadap perubahan prokrastinasi akademik. Beberapa saran yang dapat disampaikan ialah 1) bagi Guru BK (konselor) dapat membantu siswa dalam meningkatkan konsep diri akademik efikasi diri akademik dan self-esteem agar dapat menghindari dari perilaku prokrastinasi akademik. 2) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya meneliti kembali mengenai hubungan konsep diri akademik dengan prokrastinasi akademik atau dapat melanjutkan penelitian dengan Penelitian Pengembangan sehingga menghasilkan sebuah product berupa Buku Panduan Pelatihan untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa SMP.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Apr 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2241 |
Actions (login required)
View Item |