Identifikasi pemahaman peserta didik kelas XI MIA SMNA Negeri 7 Malang pada materi stoikiometri / Brigita Hastati Mogut - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi pemahaman peserta didik kelas XI MIA SMNA Negeri 7 Malang pada materi stoikiometri / Brigita Hastati Mogut

Mogut, Brigita Hastati (2018) Identifikasi pemahaman peserta didik kelas XI MIA SMNA Negeri 7 Malang pada materi stoikiometri / Brigita Hastati Mogut. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mogut Brigita Hastati. 2017. Identifikasi pemahaman peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 7 Malang pada materi stoikiometri. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Dedek Sukarianingsih M.Pd . M.Si (2) Drs. H. Ridwan Joharmawan M.Si. Kata Kunci identifikasi pemahaman stoikiometri Ilmu kimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuaan alam yang berisi konsep-konsep yang kompleks yang saling berkaitan dengan konsep sebelumnya. Stoikiometri merupakan konsep kimia yang bersifat abstrak sehingga sering membuat peserta didik mengalami kesalahan pemahaman dalam memahami konsep ini. Materi tersebut merupakan salah satu materi pokok kimia yang dipelajari di SMA kelas X semester 2. Kesalahan pemahaman peserta didik sangat beragam sehingga sulit dideteksi. Kesalahan pemahaman konsep bila berlangsung secara konsisten akan menimbulkan kesalahan pemahaman pada konsep lain. Apabila peserta didik kesulitan dan tidak memahami konsep dasar maka peserta didik akan kesulitan memahami konsep selanjutnya. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian yang dapat mengidentifikasi pemahaman peserta didik dalam memecahkan masalah stoikiometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi stoikiometri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif . Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 2 (32 peserta didik) dan XI IPA 4 (34 peserta didik) SMA Negeri 7 Malang. Dilakukan penelitian pada kelas XI karena sebelumnya sudah menerima materi stoikiometri pada kelas X semester 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 24 soal pilihan ganda yang sudah divalidasi dan wawancara tidak terstruktur. Soal divalidasi oleh dua orang guru SMA. Validasi butir soal dilakukan setelah tes uji coba pada peserta didik bukan subjek penelitian. Data pemahaman peserta didik diperoleh dengan menentukan besarnya persentase peserta didik yang menjawab benar pada setiap soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik dalam memahami materi stoikiometri tergolong cukup yang dapat dilihat dari rata-rata persentase jawaban benar peserta didik sebesar 53 9%. Dengan rincian hukumhukum dasar kimia 75 5% dengan kategori tinggi persamaan reaksi 47 0% massa atom relatif (Ar) dan massa molekul relatif (Mr) 90 5% konsep mol 43 2% rumus empiris dan rumus molekul 47 0% pereaksi pembatas 20 5%. Tingkat pemahaman terendah terdapat pada massa atom relatif (Ar) dan massa molekul relatif (Mr) yang dapat dilihat dari rata-rata persentase jawaban benar peserta didik sebesar 90 5% ini menunjukkan peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam memahaminya dan pemahaman tertinggi terdapat pada pokok bahasan pereaksi pembatas yang dapat dilihat dari rata-rata persentase jawaban benar peserta didik sebesar 20 5% yang mengindikasikan bahwa peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahaminya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22402

Actions (login required)

View Item View Item