Ghufrani, Fityah (2016) Pengembangan paket pelatihan teknik modeling simbolis sebagai upaya meningkatkan self efficacy siswa SMP / Fityah Ghufrani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ghufrani Fityah. 2015. Pengembangan Paket Pelatihan Teknik Modeling Simbolis Sebagai Upaya Meningkatkan Self Efficacy Siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.H.IM. Hambali M.Pd (II) Drs. Hariadi Kusumo M.Pd. Kata kunci pengembangan paket pelatihan modeling simbolis self efficacy Self Efficacy merupakan keyakinan individu terhadap kemampuan atau potensi yang ada dalam diri individu. Rendahnya self efficacy pada siswa jika dibiarkan terus menerus tanpa adanya upaya untuk meningkatkan maka akan merugikan siswa sendiri. Terkait dengan masalah rendahnya self efficacy pada siswa konselor mempunyai tugas untuk memberikan layanan bimbingan agar siswa lebih mempunyai self efficacy yang tinggi. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan paket pelatihan teknik modeling simbolis sebagai upaya meningkatkan self efficacy siswa SMP yang dapat digunakan konselor sebagai media dalam memberikan layanan bimbingan berupa materi untuk meningkatkan self efficacy siswa SMP. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembnagan Borg and Gall (2003). Adapun prosedur mengembangan menggunakan tujuh tahap yaitu sebagai berikut 1) penelitian pendahuluan 2) perencanaan 3) mengembangkan produk awal 4) uji coba produk awal 5) revisi produk awal 6) uji lapangan utama 7) revisi produk akhir. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner need assesment dan kuisioner uji ahli. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil validasi ahli materi dan media dengan menggunakan inter rater agrrement. Sedangkan analisis uji calon pengguna menggunakan rata-rata. Hasil validasi berdasarkan penilaian ahli dan pengguna produk serta revisi-revisi yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa paket pelatihan teknik modeling simbolis sebagai upaya meningkatkan self efficacy siswa SMP sangat berguna sangat tepat sangat mudah dan sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar (1) konselor di sekolah lain juga dapat menggunakan paket pelatihan teknik modeling simbolis sebagai upaya meningkatkan self efficacy siswa SMP serta menindak lanjuti hasil evaluasi siswa dengan melakukan konseling individual jika diperlukan (2) peneliti selanjutnya dapat melakukan uji keefektifitasan dari paket pelatihan teknik modeling simbolis sebagai upaya meningkatkan self efficacy siswa sehingga diperoleh hasil yang lebih akurat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Mar 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2240 |
Actions (login required)
View Item |