Pengembangan panduan pelatihan creative problem solving untuk mencegah bullying di SMP / Triwibowo Probo Sukarno - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan creative problem solving untuk mencegah bullying di SMP / Triwibowo Probo Sukarno

Sukarno, Triwibowo Probo (2016) Pengembangan panduan pelatihan creative problem solving untuk mencegah bullying di SMP / Triwibowo Probo Sukarno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sukarno Triwibowo P. 2015. Pengembangan Panduan Pelatihan Creative Problem Solving untuk Mencegah Bullying di SMP. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany Moenindyah Handarini M.A. (II) Dr. M. Ramli M.A. Kata Kunci Bullying Creative Problem Solving Bullying merupakan perilaku antisosial yang dilakukan oleh individu atau kelompok individu dengan tujuan agar pelaku mendapatkan kepuasan. Individu mengalami masalah di dalam lingkungan keluarga kurangnya kasih sayang serta masalah dalam proses pendidikan menimbulkan perasaan amarah dan keinginan untuk diperhatikan. Salah satu bentuk dari pelampiasan tersebut adalah menjadi pelaku bullying. Permasalahan individu yang komplek dan membutuhkan penyelesaian secara responsif tidak cukup jika diselesaian seperti problem solving yang biasa dikenal masalah seperti ini membutuhkan penyelesaian masalah secara kreatif. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk panduan pelatihan creative problem solving untuk mencegah bullying yang memenuhi kriteria keberterimaan. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi langkah Borg Gall (1983). Prosedur yang dilaksanakan adalah (1) pengumpulan data (2) pengembangan produk (3) uji coba produk (4) revisi produk dan (5) penyajian panduan pelatihan. Kriteria uji keberterimaan produk diadaptasi dari Handarini (2000) yang mengungkapkan aspek kegunaan keterlaksanaan dan ketepatan dengan menggunakan instrumen skala penilaian oleh 3 ahli BK dan 3 calon pengguna (1 konselor SMPN 20 Malang 2 orang konselor SMPN 26 Malang). Data kesepakatan uji ahli dan calon pengguna yang berupa angka dianalisis menggunakan metode inter- rater agreement (Grinnell 1988) serta hasil berupa saran dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan oleh ahli Bimbingan dan Konseling diperoleh kriteria kesepakatan dalam aspek kegunaan adalah tinggi aspek keterlaksanaan sangat tinggi dan aspek ketepatan tinggi. Pada penilaian calon pengguna didapatkan hasil kesepakatan tinggi pada aspek kegunaan sangat tinggi pada aspek keterlaksanaan dan aspek ketepatan tinggi. Data deskriptif pada lembar saran dijadikan sebagai pertimbangan dalam revisi produk. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah produk panduan pelatihan creative problem solving untuk mencegah bullying telah memenuhi aspek ketepatan kegunaan dan keterlaksanaan. Untuk dapat dibuktikan dampak dari panduan ini konselor dan peneliti lain dapat melakukan uji eksperimen dengan kelompok terbatas atau dalam bentuk penelitian tindakan. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2231

Actions (login required)

View Item View Item