Rachmawati, Indriyana (2016) Model teoritik prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas unggulan SMP Negeri Kota Malang / Indriyana Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rachmawati Indriyana. 2015. Model Teoritik Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Unggulan SMP Negeri Kota Malang. Tesis. Program Studi Bimbingan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany M. Handarini M.A. Pembimbing (II) Dr. Adi Atmoko M.Si Kata kunci keterampilan kerjasama etos kerja prestasi akademik Prestasi akademik dipengaruhi oleh faktor kognitifdan sosial. Lev Vygotsky berpandangan bahwa perkembangan intelektual ditunjukkan dengan membantu orang lain komunikasi dan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model teoritik prestasi belajar Ilmu Pengetahun Sosial siswa Kelas Unggulan SMP Negeri Kota Malang ditinjau dari keterampilan kerjasama etos kerja kemampuan mengambil perspektif orang lain dan keterbukaan terhadap pengalaman. Metode penelitian ini adalahcorrelational design. Analisis data yang digunakan adalahPath analysis. Sampel penelitian ini berjumlah 177 siswa. Data dikumpulkan dengan skalaketerampilan kerjasama etos kerja kemampuan mengambil perspektif orang lain dan keterbukaan terhadap pengalaman. Prestasi akademik diperoleh dari nilai ujian tengah semester pertama kelas VIII atau IX tahun pelajaran 2015/2016. Nilai KMO (Kaiser Meyer Olkin) dan Bartlett s Test masing-masing variabel 0 756 (keterampilan kerjasama) 0 742 (etos kerja) 0 827 (kemampuan mengambil perspektif orang lain dan 0 720 (keterbukaan terhadap pengalaman). Hasil uji hipotesis melalui path analysis diperoleh kesimpulan bahwa etos kerja kemampuan mengambil perspektif orang lain dan keterbukaan terhadap pengalaman memberikan kontribusi terhadap keterampilan kerjasama. Selanjutnya keterbukaan terhadap pengalaman dan keterampilan kerjasama secara signifikan mempengaruhi prestasi akademik. Saran penelitian ini bagi guru BK hendaknya mengembangkan kemampuan mengambil perspektif orang lain keterbukaan terhadap pengalaman dan keterampilan kerjasama siswa untuk meningkatkan prestasi akademik. Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lanjutan dengan jumlah sampel yang lebih luas dan memperhatikan variabel lain yang diduga dapat berpengaruh terhadap model antara lain karakteristik siswa metode pembelajaran yang digunakan dan karakteristik keterampilan kerjasama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2226 |
Actions (login required)
View Item |