Pengembangan media pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction) berbasis problem solving pada materi laju reaksi tentang faktor-faktor penentu laju reaksi untuk SMA kelas XI / Eliya Belqis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction) berbasis problem solving pada materi laju reaksi tentang faktor-faktor penentu laju reaksi untuk SMA kelas XI / Eliya Belqis

Belqis, Eliya (2015) Pengembangan media pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction) berbasis problem solving pada materi laju reaksi tentang faktor-faktor penentu laju reaksi untuk SMA kelas XI / Eliya Belqis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Belqis Eliya. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran CAI (Computer Assisted Intruction) BerbasisProblem SolvingpadaMateriLajuReaksitentangFaktor-FaktorPenentuLajuReaksiuntuk SMA Kelas XI. Skripsi JurusanKimia FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Munzil S.Pd. M.Si(II) Drs. Muhadi Kata Kunci Media PembelajaranCAI Problem Solving FaktorPenentuLajuReaksi Ilmukimiadapatdikajimelalui 3 level representasiyaitumakroskopik mikroskopikdansimbolik begitujugapadamaterilajureaksi. Studilapangan yang dilakukanterhadappemahamanpesertadidiksaatini masihditemukanbanyakmiskonsepsidansulitnyamemahamimateriini. Hal tersebutbisaterjadikarena bahan ajar yang digunakanbelummenggambarkanaktivitaspartikelsecaramikroskopisdengantepat. Denganpenggunaan media pembelajaranberbantuankomputer (CAI) materiinidapatdisajikandalam 3 level representasidenganbaik. Media pembelajaran yang dikembangkanditampilkandenganalurberbasispemecahanmasalah agar memudahkanpesertadidikmemahamimateriinisecaramendalamdenganmengkonstrukkonsepnyasendiri. Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahmenghasilkanproduk media pembelajaranCAI berbasispemecahanmasalahpadabahasanfaktorpenentulajureaksiyang sudahtervalidasidanlayak. Model yang digunakandalampenelitianpengembanganmedia pembelajaraniniadalah model 4-D yang meliputi 4 tahap yaitudefine design develop dandisseminate. Namunpadapenelitianpengembanganini tahapdisseminatetidakdilakukan. Padatahapdevelop terdapatujivalidasiyangdilakukanolehdosenkimiadan 2 orang guru SMA. Dosenkimiamemvalidasiisimateridan media sedangkan guru hanyamemvalidasiisimateri. Ujicobakelompokkecildilakukanterhadap 10 pesertadidikkelas XI SMA yangtelahmenempuhmaterilajureaksimelaluiangket. Hasilpenelitianpengembanganberupasoft file media pembelajaran yang dikemasdalam CD. Media pembelajaran yang dihasilkanmemilikibeberapabagian yaituhalamanpembuka petunjuk kompetensidasar materi petakonsep info unik evaluasidanprofilpengembang. Materi yang disajikanmencakuppengaruhluaspermukaan konsentrasi suhudankatalisterhadaplajureaksi. Media pembelajaran yang dikembangkanbersifatinteraktifdenganalurpenyajianmateriberbasispemecahanmasalah.Hasilanalisis data ujivalidasi media diperolehpersentasesebesar68.3% dengan kriteria layak dan uji validasi isi materi diperoleh persentase 87.6% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan uji coba kelompok kecil diperoleh kriteriasangatlayakdenganpersentase sebesar 96.4%.Media hasilpengembangandapatdimanfaatkansebagaisumberbelajarmandiribagipesertadidikmaupununtukmembantu guru dalampembelajaran. Saran untukpengembanganproduklebihlanjutyaitu pelaksanaanujiempirikterhadap media yang dikembangkan agar dapatdiketahuikeefektifan media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22199

Actions (login required)

View Item View Item