Identifikasi kesulitas peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 10 Malang dalam memahami kesetimbangan kimia / Aninda Indriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi kesulitas peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 10 Malang dalam memahami kesetimbangan kimia / Aninda Indriani

Indriani, Aninda (2015) Identifikasi kesulitas peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 10 Malang dalam memahami kesetimbangan kimia / Aninda Indriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indriani Aninda. 2015. Identifikasi Kesulitan Peserta Didik Kelas XI MIA SMANegeri10 Malang Dalam Memahami Kesetimbangan Kimia.Skripsi Program StudiPendidikan Kimia FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ida BagusSuryadharma M.Si. (II) Dr. Yahmin S.Pd. M.Si. Kata Kunci kesetimbangankimia identifikasikesulitan kesetimbangandinamis konstantakesetimbangan pergeserankesetimbangan. Konsep yang diajarkandalamilmukimiasifatnyaberjenjangdanbertingkatmulaidari yang sederhanahinggakompleks.Memahami konsep kimia yang sederhanadalam pembelajarankimia merupakan hal yang pentingsebelummemahamikonseppadajenjangberikutnya. Pada kenyataannya pesertadidik sering mengalami kesulitan dalammemahami konsep kimiakarenakonsepdasartidakdipahamidenganbenar.Pemahaman konsep kesetimbangan diperlukansebagaikonsepdasarpadakonsep yang lebihkompleks antara lain asam-basa hidrolisisgaram larutanpenyangga kelarutandanhasil kali kelarutan. Peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami kesetimbangan kimiaakan mengalami kesulitan pada materi selanjutnya yang membutuhkan pemahaman tentang materi kesetimbangan kimia.Tujuanpenelitianadalahuntukmengetahuikesulitanpesertadidikkelas XI MIA SMA Negeri 10 Malang dalammemahamikesetimbangankimia (1) secarakeseluruhandan (2)pada kelompok bawahsertakelompok atas. Penelitianmenggunakanrancanganpenelitiandeskriptif.Populasipenelitianterdiridariseluruhpesertadidikkelas XI MIA SMA Negeri 10 Malang yang terdiridari 3 kelas.Sampelpenelitianadalahkelas XI MIA 1 dan XI MIA 3 yang diambildenganteknikacakkelas.Instrumenpenelitianberupa 26 butirsoalpilihangandadisertaialasanterbuka.Reliabilitasinstrumen r 0.713 tergolongtinggi. Pengambilan data dilakukandengantekniktestertuliskemudiandianalisistingkatkesulitannyaberdasarkanjumlahjawaban yang salah.Analisis data menggunakananalisisdeskriptifdananalisispresentasepadatiapindikatorsoalkemudiandikualifikasikan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakesulitandalammemahamikesetimbangankimiasecarakeseluruhanmeliputikesulitandalammemahamikesetimbangandinamistergolongtinggi (sebesar 61%) kesulitandalammemahamikonstantakesetimbangantergolongrendah(sebesar39%) kesulitandalammemahamifaktor-faktor yang mempengaruhipergeserankesetimbangantergolongrendah (sebesar 31%).Konsep yang sulitdipahamiolehpesertadidikkelompokbawahadalahkonsepkesetimbangandinamis (sebesar 66%)dankonsepkonstantakesetimbangan (sebesar 56%).Konsep yang sulitdipahamiolehpesertadidikkelompokatasadalahkonsepkesetimbangandinamis (sebesar 58%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22185

Actions (login required)

View Item View Item