Keefektifan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan learning cycle pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Turen / Ika Budiarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan learning cycle pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Turen / Ika Budiarti

Budiarti, Ika (2012) Keefektifan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan learning cycle pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Turen / Ika Budiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci inkuiri learning cycle kemampuan berpikir tingkat tinggi hasil belajar Kesetimbangan kimia adalah salah satu materi dalam kimia yang sulit dipahami karena bersifat abstrak agar materi ini lebih mudah dipahami yaitu dengan memberikan pengalaman langsung pada siswa. Model pembelajaran yang memberikan pengalaman langsung diantarannya inkuiri terbimbing dan learning cycle. Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan model pembelajaran inkuri dan learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada beberapa materi kimia tetapi belum pernah ditemukan penelitian yang serupa pada materi kesetimbangan kimia. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan learning cycle pada materi pokok kesetimbangan kimia pada kelas XI IPA dan mengetahui keefektifan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dibanding dengan model pembelajaran learning cycle. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif rancangan eksperimen semu dengan post-test. Populasi penelitian siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Turen. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling untuk memperoleh dua kelas secara acak. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran learning cycle. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran tes hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi lembar observasi afektif dan psikomotorik. Hasil uji coba tes hasil belajar kognitif diperoleh 20 soal valid dengan reabilititas 0 896. Perbedaan prestasi kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dianalisis dengan uji-t dua ujung pada taraf signifikansi 61537 0 05. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan leraning cycle pada materi pokok kesetimbangan kimia kelas XI IPA SMA Negeri 1 Turen terlaksana dengan baik rata-rata persentase keterlaksanaan kelas eksperimen 1 sebesar 92 8% kelas eksperimen 2 sebesar 89 3% .Model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dibanding dengan model pembelajaran learning cycle. Rata-rata nilai hasil belajar ranah kognitif psikomotor dan afektif siswa berturut-turut kelas eksperimen 1 sebesar 82 0 95 5 dan 81 9 sedangkan kelas eksperimen 2 sebesar 73 0 95 4 dan 81 8. Siswa kelas eksperimen 1 yang dapat menjawab soal C3-C6 sebesar 82% sedang kelas eksperimen 2 sebesar 78%. Oleh karena itu sangat dianjurkan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk pembelajaran kimia di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21937

Actions (login required)

View Item View Item