Survey pola asuh orang tua dan eksplorasi karier siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 21 Malang / Rossalia Agata Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Survey pola asuh orang tua dan eksplorasi karier siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 21 Malang / Rossalia Agata Sari

Sari, Rossalia Agata (2015) Survey pola asuh orang tua dan eksplorasi karier siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 21 Malang / Rossalia Agata Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Rossalia Agata. 2015. Survey Pola Asuh Orang Tua dan Eksplorasi Karier Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 21 Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Carolina Ligya Radjah M.Kes (II) Drs. Hariadi Kusumo M.Pd Kata Kunci Pola asuh eksplorasi karier Siswa SMP merupakan remaja yang berada pada usia antara 11 tahun hingga 15 tahun. Remaja yang berada pada usia ini mulai berpikir abstrak dan logis. Dalam proses perkembangannya yang serba ingin tahu remaja memerlukan arahan dari orang tua agar tidak mudah terpengaruh hal negatif dan dapat menjalankan tugas perkembangannya dengan baik. Riset Roe (dalam Gibson Mitchell 2011) menyatakan bahwa jika struktur kebutuhan individu sangat dipengaruhi oleh pengalaman awal anak yang melibatkan interaksi anak dengan orang tua di dalam keluarga. Interaksi awal orang tua dan anak merupakan langkah awal dari pengenalan karier. Pola asuh orang tua merupakan interaksi antara anak dan orang tua yang dikelompokkan menjadi 3 macam tipe yaitu pola asuh demokratis permisif dan otoriter. Usia SMP merupakan waktu dimana siswa berada pada fase tentative dan proses pilihan karier terjadi diawali dengan kegiatan orientasi dan eksplorasi karier. Eksplorasi karier ini meliputi aktivitas siswa untuk mencari informasi mengenai dirinya sendiri dan lingkungan kariernya. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yang secara umum ingin mengetahui bagaimana pola asuh orang tua dan eksplorasi karier siswa SMP. Sedangkan untuk rumusan masalah secara khusus adalah (1) untuk mengetahui pola asuh orang tua siswa SMP dan (2) untuk mengetahui eksplorasi karier siswa SMPN 21 Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif survei dengan populasi siswa kelas VIII dengan sampel sebanyak 128 responden. Pengumpulan data menggunakan angket pola asuh orang tua dan angket eksplorasi karier yang indikatornya di adaptasi dari disertasi Edi Purwanta (2010) yang kemudian dikembangkan oleh peneliti. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua di SMPN 21 Malang cenderung menerapkan pola asuh demokratis. Untuk eksplorasi karier siswa SMPN 21 Malang menunjukkan kecenderungan bahwa siswa SMPN 21 Malang memiliki tingkat eksplorasi karier sedang. Saran bagi konselor di sekolah untuk menambahkan kegiatan bimbingan karier di sekolah agar meningkatkan aktivitas eksplorasi karier siswa serta pengetahuan perencanaan karier siswa. Sedangkan saran bagi peneliti selanjutnya adalah untuk meneliti eksplorasi karier pada siswa di jenjang SMA/SMK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2181

Actions (login required)

View Item View Item