Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Berbantuan microsoft powerpoint pada materi perubahan fisika dan perubahan kimia kelas VII SMP Negeri 1 Wajak Kabupaten Malang / Norainny Yunitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Berbantuan microsoft powerpoint pada materi perubahan fisika dan perubahan kimia kelas VII SMP Negeri 1 Wajak Kabupaten Malang / Norainny Yunitasari

Yunitasari, Norainny (2010) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Berbantuan microsoft powerpoint pada materi perubahan fisika dan perubahan kimia kelas VII SMP Negeri 1 Wajak Kabupaten Malang / Norainny Yunitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yunitasari Norainny.2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Berbantuan Microsoft Powerpoint pada Materi Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia Kelas VII SMP Negeri 1 Wajak Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra Srini M. Iskandar M.Sc Ph.D (2) Drs. Muhadi Kata kunci Pembelajaran tipe STAD microsoft powerpoint hasil belajar Mulai kurikulum 2004 mata pelajaran kimia diajarkan di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mata pelajaran kimia merupakan mata pelajaran yang sebagian besar konsepnya bersifat abstrak. Ini merupakan tantangan bagi guru SMP sehingga sangat perlu inovasi-inovasi baru dalam mengajar. Salah satunya adalah menerapkan suatu model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dalam pembelajaran kooperatif ini siswa dapat saling kerjasama dan membantu untuk memahami materi pelajaran. Di samping itu perlu juga dilakukan pemanfaatan media pembelajaran yang bisa meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu salah satunya memanfaatkan program microsoft powerpoint. Program ini mudah dijalankan oleh siapa saja tanpa harus belajar bahasa pemrograman terlebih dahulu. Penelitian ini menggunakan powerpoint dan model pembelajaran tipe STAD untuk pembelajaran materi perubahan fisika dan perubahan kimia di SMP Negeri 1 Wajak. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wajak yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan microsoft powerpoint pada materi perubahan fisika dan perubahan kimia (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wajak yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa bantuan microsoft powerpoint pada materi perubahan fisika dan perubahan kimia (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wajak yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan microsoft powerpoint dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa bantuan microsoft powerpoint pada materi perubahan fisika dan perubahan kimia. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Rancangan penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan microsoft powerpoint (kelas eksperimen) dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa bantuan microsoft powerpoint (kelas kontrol). Macam-macam variabel penelitian ini adalah media pembelajaran microsoft powerpoint sebagai variabel bebas model pembelajaran tipe STAD materi ajar yang diberikan dalam proses pembelajaran dan waktu pembelajaran sebagai variabel kontrol hasil post-test ke-3 sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) hand out LKS lembar diskusi siswa dan powerpoint sebagai instrumen perlakuan serta soal pre-test dan post-test sebagai instrumen pengukuran. Berdasarkan hasil penelitian kelas yang mendapat perlakuan pembelajaran STAD berbantuan powerpoint lebih baik daripada kelas yang hanya mendapat perlakuan pembelajaran STAD. Kelas yang mendapat perlakuan model pembelajaran STAD berbantuan powerpoint memiliki nilai rata-rata sebesar 67 96 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 41 67. Kelas yang hanya mendapat perlakuan pembelajaran STAD memiliki nilai rata-rata sebesar 57 52 dengan nilai tertinggi 91 67 dan nilai terendah 25. Observasi selama penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa kelas yang mendapat perlakuan pembelajaran STAD berbantuan powerpoint memiliki keseriusan yang lebih tinggi dalam mengikuti pembelajaran dibandingkan kelas yang hanya mendapat perlakuan pembelajaran STAD. Selain itu kerja sama dalam kelompok pada kelas yang mendapat perlakuan pembelajaran STAD berbantuan powerpoint lebih baik dibandingkan pada kelas yang hanya mendapat perlakuan pembelajaran STAD. Uji hipotesis dengan uji T menghasilkan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 945 sehingga ada perbedaan hasil belajar antara kelas yang mendapat perlakuan pembelajaran STAD berbantuan powerpoint dengan kelas yang hanya mendapat perlakuan pembelajaran STAD. Oleh karena itu peneliti menyimpulkan kalau penggunaan powerpoint dalam pembelajaran STAD bisa meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21747

Actions (login required)

View Item View Item