Pengembangan panduan pelatihan keterampilan menghadapi stres bagi siswa SMP / Dwi Satya Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan keterampilan menghadapi stres bagi siswa SMP / Dwi Satya Anggraini

Anggraini, Dwi Satya (2015) Pengembangan panduan pelatihan keterampilan menghadapi stres bagi siswa SMP / Dwi Satya Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraini D.S. 2015. Pengembangan Panduan Pelatihan Keterampilan Menghadapi Stres bagi Siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany M. Handarini M.A. (II) Irene Maya Simon S.Pd M.Pd. Kata Kunci pengembangan keterampilan menghadapi stres structured learning approach Berdasarkan fenomena-fenomena yang terjadi dikalangan remaja ditemukanbahwa sebagian besarremaja masih belum memiliki keterampilan menghadapi stres khususnya dalam bidang pribadi sosial. Hal ini terbukti dari berbagai kasus yang dimuat diberbagai surat kabar yaitu remaja mengakhiri hidupnya dikarenakan stres.Penelitian ini menghasilkan panduan pelatihan keterampilan menghadapi stres bagi siswa SMPkhususnya dalam bidang pribadi sosial. Panduan pelatihan keterampilan menghadapi stres bagi siswa SMPterdiri tiga buku yaitu buku panduan pelatihan keterampilan menghadapi stres bagi siswa SMP sebagai panduan konselor dalam memberikan layanan bimbingan pribadi sosial buku panduan pelatihan keterampilan menghadapi stres bagi siswa SMP yang ditujukan untuk siswa dan buku materi keterampilan menghadapi stres. Metode yang digunakan dalam pelatihan keterampilan tersebut adalahStructured Learning Approach (SLA).Structured Learning Approach (SLA) merupakan pendekatan pembelajaran terstruktur yang dikembangkan dari teori belajar dan modifikasi perilaku dalam psikologi. Langkah-langkah atau prosedural dalam SLA diantaranya (a) Intruksi(Instruction) (b) Pemberian Model (Modeling) (c) Bermain Peran (Role Playing) (d) Pemberian Balikan (Performance Feedback) dan (e) Pemberian Tugas Rumah (Transfer of training and maintenance). Pengembangan ini mengadopsi dari metode penelitian Borg and Gall (1983) yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan. Tahapan pengembangan tersebut antara lain need assessment perencanaan pengembangan prototipe produk validasi (ahli BK dan calon pengguna produk) revisi dan produk akhir. Pada tahap need assessment pengembang menggunakan analisis literatur dengan mengumpulkan berbagai informasi yang ada. Tahap perencanaan pengembang menentukan tujuan yang ingin dicapai dalam pengembangan. Setelah itu pengembangan prototipe produk. Setelah buku panduan tersusun pengembang melakukan uji ahli kepada ahli BK dan calon pengguna produk (konselor).Berdasarkan kesepakatan ahli BK diperoleh kesimpulan sebagai berikut aspek kegunaan sangat tinggi aspek kelayakan tinggi aspek ketepatan tinggi. Berdasarkan kesepakatan dari calon pengguna produk aspek kegunaan tinggi aspek kelayakan tinggi dan aspek ketepatan tinggi. Berdasarkan hasil pengembangan panduan pelatihan keterampilan menghadapi stres maka disarankan bagi peneliti selanjutnya melakukan uji efektivitas dari panduan pelatihan keterampilan menghadapi stres untuk mengetahui tingkat keefektifan panduan pelatihan jika diterapkan dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2172

Actions (login required)

View Item View Item