Tunggal, Imas Wahyu (2015) Pengembangan panduan pelatihan keterampilan merespon orang lain bagi siswa SMP / Imas Wahyu Tunggal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tunggal Imas Wahyu. 2015. Pengembangan Panduan Pelatihan Keterampilan Merespon Orang Lain bagi Siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany M. Handarini M.A (II) Drs. H. Widada M.Si Kata kunci Pengembangan Keterampilan Merespon Orang Lain Panduan Pelatihan Keterampilan Merespon Orang Lain. Penelitian Pengembangan Panduan Pelatihan Keterampilan Merespon Orang Lain bagi Siswa SMP ini dilatarbelakangi kurangnya keterampilan merespon orang lain. Pada beberapa kejadian siswa takut untuk menyampaikan apa yang mereka pikirkan dan rasakan karena bisa saja apa yang mereka ungkapkan dapat membuat orang lain tersinggung dan marah. Selain itu keterampilan merespon orang lain (responding to others skill) juga masih belum begitu dikenal padahal keterampilan ini adalah salah satu keterampilan sosial yang harus dikembangkan. Tujuan Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan Panduan Pelatihan Keterampilan Merespon Orang Lain bagi Siswa SMP yang memiliki kebergunaan kelayakan dan ketepatan bagi siswa SMP. Panduan ini dapat membantu konselor untuk memberikan pelatihan keterampilan merespon orang lain (responding to others skill) secara sistematis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) yang menggunakan model Borg and Gall (1983). Adapun prosedur pengembangan yang dilakukan Sebagai berikut 1) tahap I perencanaan menentukan potensi dan masalah penelitian melakukan kajian pustaka 2) tahap II pengembangan produk merumuskan tujuan panduan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan Merespon Orang Lain (tujuan umum dan tujuan khusus) menyusun isi dari Panduan Pelatihan Keterampilan Merespon Orang Lain menyusun alat evaluasi produk 3) tahap III uji coba produk uji ahli revisi produk hasil penilaian uji ahli uji calon pengguna produk. Panduan Pelatihan Keterampilan Merespon Orang Lain bagi Siswa SMP ini terdiri dari Pengantar Pendahuluan Petunjuk Umum Pelatihan Keterampilan Merespon Prosedur Pelatihan Keterampilan Merespon Evaluasi dan Penutup. Berdasarkan hasil analisis data penilaian para ahli dan calon pengguna produk serta revisi-revisi yang yang telah dilaksanakan sesuai saran dan masukan terhadap panduan ini dapat disimpulkan bahwa Panduan Pelatihan Keterampilan Merespon Orang Lain bagi Siswa SMP berguna layak dan tepat secara teoritis. Saran penelitian yaitu 1) Konselor pengguna produk benar-benar memahami dan mempelajari Panduan Pelatihan Keterampilan Merespon Orang Lain bagi Siswa SMP yang telah dibuat agar dapat diaplikasikan dalam membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan keterampilan merespon orang lain 2) Peneliti Selanjutnya Panduan Pelatihan Keterampilan Merespon Orang Lain bagi Siswa SMP dapat dilanjutkan dengan eksperimen untuk mengetahui keefektifan panduan untuk meningkatkan keterampilan merespon orang lain guna diperoleh hasil yang lebih akurat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2160 |
Actions (login required)
View Item |