Marthania Dian Primasari (2009) Implementasi modul bahan kimia di bidang industri, pertanian dan kesehatan berbasis learning cycle pada siswa kelas IX SMP Negeri 14 Malang / Marthania Dian Primasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Untuk menerapkan kurikulum 2004 diperlukan perangkat pembelajaran. Telah dikembangkan bahan ajar/ modul Bahan Kimia di Bidang Industri Pertanian dan Kesehatan oleh Martini (2005) untuk pengajaran kimia di SMP kelas IX tetapi belum dilakukan validasi empirik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validasi empirik modul pada materi pokok bahan kimia di bidang industri pertanian dan kesehatan berbasis Learning Cycle yang meliputi (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran sains (2) mengetahui keterlaksanaan penggunaan modul pembelajaran (3) mendeskripsikan persepsi siswa terhadap pembelajaran. Peningkatan kualitas pembelajaran ini dapat terlihat dari hasil belajar siswa. Modul yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Learning Cycle dengan 3 fase yaitu eksplorasi pengenalan konsep dan aplikasi konsep. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian Postes Only Control Group Design dan diskriptif. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar variabel bebasnya berupa metode pembelajaran yaitu penggunaan media pembelajaran modul dan buku paket dan variabel kontrolnya waktu pembelajaran dan materi pokok. Variabel yang didiskripsikan adalah keterlaksanaan pembelajaran dan persepsi siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 14 Malang sedangkan sampel kelas A dan B diambil secara purposiv. Instrumen yang digunakan dalam penelitian antara lain tes yang valid dengan reliabel alpha 0 84 untuk soal pilihan ganda dan 0 62 untuk soal uraian angket lembar observasi dan RPP. Analisis data menggunakan uji-t dengan signifikansi 945 0 05 dan dengan teknik persentase kemudian dikualifikasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan modul dapat meningkatkan keaktifan siswa yang dapat diketahui dari keaktifan siswa dalam bertanya menanggapi dan menjawab pertanyaan. Pembelajaran yang menggunakan modul lebih efektif daripada pembelajaran tanpa menggunakan modul terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan modul lebih tinggi (72 5) dibandingkan yang tanpa menggunakan modul (68 3). Ketuntasan belajar pada pembelajaran yang menggunakan modul 92 7% sedangkan pada pembelajaran tanapa modul 75 6%. Persepsi siswa terhadap modul sangat positif. Validasi empirik dari segi proses pembelajaran keefektifan modul dan persepsi menunjukkan modul layak untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/21577 |
Actions (login required)
View Item |