Pengembangan paket pelatihan problem solving techniques untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan pribadi siswa SMA / Yerry Dwi Putri Artiandini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pelatihan problem solving techniques untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan pribadi siswa SMA / Yerry Dwi Putri Artiandini

Artiandini, Yerry Dwi Putri (2015) Pengembangan paket pelatihan problem solving techniques untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan pribadi siswa SMA / Yerry Dwi Putri Artiandini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Artiandini Yerry D.P. 2014. Pengembangan Paket Pelatihan Problem-Solving Tachniques untuk Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Pribadi Siswa SMA. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. IM Hambali M.Pd. (II) Yuliati Hotifah S.Psi M.Pd. Kata kunci paket pelatihan problem-solving techniques keterampilan pengambilan keputusan pribadi kematangan intelektual siswa SMA pengembangan 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan fakta pengamatan peneliti yang dilakukan di SMAN 9 Malang ditemukan fenomena bahwa kebanyakan siswa masih belum siap untuk menghadapi masalah sehingga pengambilan keputusan sering tidak menyelesaikan masalah justru menambah masalah baru. Hal ini terbukti dari catatan kasus yang terjadi dan juga siswa yang datang untuk berkonseling. Ada beberapa catatan kasus yang menjadi perhatian peneliti salah satunya yaitu kasus percobaan bunuh diri yang dilakukan siswa kelas XII di salah satu rumah sakit di kota Malang. Sesuai dengan Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) pada aspek kematangan intelektual siswa SMA seharusnya telah mampu menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan sesuai dengan data/informasi secara obyektif. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian pengembangan ini menciptakan suatu metode pelatihan yang tepat untuk mengatasi permasalah yang telah dipaparkan di paragraf sebelumnya. Peneliti mengembangkan paket pelatihan problem-solving techniques siswa SMA dengan tujuan membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan pribadi khususnya pada aspek kematangan intelektualnya. Paket ini terdiri atas dua komponen yaitu panduan paket pelatihan untuk konselor dan paket pelatihan untuk siswa. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian dari Borg and Gall (1983) yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Tahapan pengembangan tersebut antara lain analisis kebutuhan perencanaan pengembangan produk validasi ahli (ahli BK dan ahli media) revisi I uji coba lapangan terbatas revisi II dan produk akhir. Setelah paket tersusun pengembang melakukan uji ahli kepada ahli BK dan ahli materi dan selanjutnya diujikan kepada calon pengguna produk yaitu konselor dan siswa dalam skala kecil. Sehingga paket pelatihan yang dikembangkan mampu berterima dengan baik oleh pihak yang terlibat dalam proses pelatihan yang ada pada paket pelatihan yaitu konselor sebagai pelatih dan siswa sebagai sasaran pelatihan karena telah mengalami beberapa revisi. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil pengembangan paket pelatihan problem-solving techniques maka disarankan bagi peneliti selanjutnya melakukan uji efektivitas dari paket pelatihan problem-solving techniques untuk mengetahui tingkat keefektivan paket pelatihan jika diterapkan dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2142

Actions (login required)

View Item View Item