Pengembangan paket bimbingan peningkatan percata diri dengan teknik permainan kelompok untuk siswa SMP kelas VII / Agung Priyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket bimbingan peningkatan percata diri dengan teknik permainan kelompok untuk siswa SMP kelas VII / Agung Priyono

Priyono, Agung (2015) Pengembangan paket bimbingan peningkatan percata diri dengan teknik permainan kelompok untuk siswa SMP kelas VII / Agung Priyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Priyono Agung. 2014. Pengembangan Paket Bimbingan Peningkatan Percaya Diri dengan Teknik Permainan Kelompok untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ella Faridati Zen M.Pd. dan (II) Dr. M. Ramli M.A. Kata kunci Paket Bimbingan Percaya Diri Permainan Kelompok Percaya diri adalah salah satu kunci untuk memotivasi diri. Tingkat percaya diri yang baik memberikan dampak pada siswa kemudahan dalam pengambilan keputusan menjalin pertemanan dan berpengaruh pula pada prestasi belajar siswa. Hasil need assesment siswa kelas VII SMPN 2 Malang menunjukan siswa memiliki percaya diri yang rendah dalam mengerjakan tugas dalam mengerjakan ujian dalam memberikan pendapat ketika diskusi dan dalam berbicara di depan umum. Dari hasil need assesment tersebut maka percaya diri siswa kelas VII SMPN 2 Malang perlu ditingkatkan. Metode permainan kelompok merupakan salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa.Sehingga perlu dikembangkan paket bimbingan peningkatan percaya diri dengan teknik permainan kelompok. Berdasarkan data tersebut peneliti mengembangkan paket bimbingan untuk membantu konselor memberikan bimbingan peningkatan percaya diri dengan teknik permainan kelompok bagi siswa SMP kelas VII. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) yang diadaptasi dari model Borg and Gall (1983). Penelitian pengembangan paket ini dilakukan sampai pada tahap menghasilkan produk akhir yaitu berupa paket bimbingan peningkatan percaya diri siswa dengan teknik permainan kelompok yang sudah diuji kevalidanya pada ahli materi oleh dosen bimbingan dan konseling ahli media oleh dosen teknologi pendidikan ahli permainan kelompok oleh dosen pendidikan luar sekolah dan calon pengguna produk oleh konselor SMPN 2 Malang serta uji lapangan terbatas pada kelompok kecil. Berdasarkan uji ahli bimbingan dan konseling uji ahli media uji ahli permainan kelompok uji calon pengguna produk dan uji kelompok kecil secara keseluruhan memiliki keberterimaan sangat berguna sangat menarik sangat mudah dan sangat tepat. Berdasarkan revisi hasil uji ahli uji calon pengguna produk dan uji kelompok kecil produk yang dihasilkan adalah paket bimbingan peningkatan percaya diri dengan teknik permainan kelompok yang telah dibuktikan kebeterimaanya secara teoritis dan praktis. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan disarankan (1) Bagi konselor konselor harus memahami petunjuk dan langkah-langkah penggunaan paket serta melengkapi paket dengan power point dalam melaksanakan bimbingan. (2) Bagi sekolah hendaknya memberikan kebijakan yang membantu terlaksananya pemberian layanan bimbingan dan konseling khususnya dalam meningkatkan percaya diri dengan teknik permainan kelompok. (3) Bagi pengem-bangan lebih lanjut perlu diadakan uji lapangan utama untuk mengetahui efektivitas dan kelayakan paket pelatihan sehingga paket pelatihan ini benarbenar sesuai dan bermanfaat untuk siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2140

Actions (login required)

View Item View Item