Keefektifan psikodrama untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa kelas VIII SMP Al Kamal Kunir Kabupaten Blitar tahun ajaran 2014/2015 / Bagus Satrio Prakoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan psikodrama untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa kelas VIII SMP Al Kamal Kunir Kabupaten Blitar tahun ajaran 2014/2015 / Bagus Satrio Prakoso

Prakoso, Bagus Satrio (2015) Keefektifan psikodrama untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa kelas VIII SMP Al Kamal Kunir Kabupaten Blitar tahun ajaran 2014/2015 / Bagus Satrio Prakoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prakoso Bagus Satrio. 2014. Keefektifan Psikodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII SMP Al Kamal Kunir Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Widada M.Si (II). Arbin Janu Setyowati S. Pd. M.Pd Kata Kunci Kemampuan penyesuaian diri psikodrama siswa SMP AL Kamal Kunir Penyesuaian diri adalah suatu proses yang melibatkan respon-respon mental dan tingkah Iaku yang menyebabkan individu berusaha menanggulangi kebutuhan-kebutuhan tegangan-tegangan frustrasi-frustrasi dan konflik-konflik batin serta menyelaraskan tuntutan-tuntutan batin individu dengan tuntutan-tuntutan yang dikenakan oleh dunia dimana individu itu hidup. Penyesuaian diri memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan remaja khususnya dalam lingkungan yang baru. Siswa yang mampu menyesuaikan diri dengan baik dapat hidup dan bergaul dalam lingkungan di sekolahnya dan remaja tersebut akan mampu berkembang dengan optimal karena dengan penyesuaian diri yang baik siswa tersebut akan mampu mengatasi permasalahan sosial yang sering kali terjadi. Maka dari itu diperlukan adanya penanganan yang tepat dalam mengatasi kurangnya kemampuan penyesuaian diri bagi siswa tersebut. Penanganan tersebut yakni menggunakan teknik psikodrama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan teknik psikodrama untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa kelas VIII SMP AL Kamal Kunir Kabupaten Blitar. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi experiment/pre ekperimental design (eksperimen semu) dengan desain Pre-test and Post-test Group. Instrumen penelitian berupa angket yang digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan penyesuaian diri siswa dengan sampel sebanyak 8 siswa yang dipilih berdasarkan skor angket yang memiliki nilai kemampuan penyesuaian diri yang rendah. Analisis data menggunakan statistik inferensial non-parametrik yaitu uji beda two related samples tests Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan tingkat kemampuan penyesuaian diri siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan teknik psikodrama. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai Wilcoxon sebesar (Z -2.521a) dan nilai probability error kurang dari 0 05 (p 0.012

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2137

Actions (login required)

View Item View Item