Muladani, Sita Prisilia (2014) Pengembangan panduan dan bahan bibliokonseling untuk meningkatkan disiplin diri (self-discipline) siswa SMP / Sita Prisilia Muladani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Muladani Sita Prisilia. Pengembangan Panduan dan Bahan Bibliokonseling Untuk Meningkatkan Disiplin Diri (Self-Discipline) Siswa SMP Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Widada M.Si (II) Dr. Muslihati S.Ag M.Pd. Kata Kunci bibliokonseling disiplin diri konseling 12288 12288 Bimbingan dan konseling di sekolah merupakan program yang tujuannya adalah membantu siswa salah satunya membantu mengembangkan disiplin diri. Menurut Ramez disiplin diri merupakan hal yang sangat berguna dan sangat diperlukan dalam keterampilan hidup setiap orang namun beberapa orang cenderung tidak mengembangkannya. Contohnya siswa sering datang terlambat ketika upacara tidak mengumpulkan tugas dan tidak mendengarkan guru di kelas. Kurangnya informasi dan bimbingan merupakan salah satu alasan selain kurangnya kesadaran diri dan kemalasan dari diri seseorang. Bibliokonseling dapat digunakan sebagai metode yang efektif dalam meningkatkan disiplin diri. Penelitian ini bertujuan menghasilkan panduan dan bahan bibliokonseling untuk meningkatkan disiplin diri siswa SMP. 12288 12288 Model penelitian dan pengembangan mengadaptasi langkah-langkah pengembangan dari Borg Gall (1983). Langkah atau tahapan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahap pengumpualan informasi tahap penyusunan prototipe produk tahap validasi dan tahap final revisi. Subjek uji coba terdiri dari uji oleh ahli materi bimbingan dan konseling uji rancangan produk oleh ahli media uji pada calon pengguna produk dan uji kelompok kecil yang merupakan siswa SMP Negeri 5 Malang. Terdapat dua data yang diperoleh dari uji oleh ahli materi ahli media dan calon pengguna produk yaitu data kuantitaif dan saran perbaikan. Data ini diperoleh dengan menggunakan angket. Data kuantitatif di analisis dengan cara menjumlahkan penilaian setiap item pada setiap aspek kemudian jumlah penilaian setiap aspek tersebut dinormakan pada kriteria yang telah ditetapkan. Sedangkan data berupa saran perbaikan dilakukan revisi sesuai dengan saran yang telah diberikan. 12288 12288 Hasil penilaian dari ahli bimbingan dan konseling ahli media dan calon pengguna produk terhadap bibliokonseling adalah pada aspek ketepatan aspek kegunaan. aspek kemudahan dan aspek kemenarikan mendapatkan penilaian tepat sangat berguna mudah dan menarik. Sedangkan pada hasil uji oleh kelompok kecil pada aspek ketepatan aspek kegunaan aspek kemudahan dan aspek kemenarikan mendapatkan penilaian tepat berguna mudah dan menarik. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli BK ahli media calon pengguna produk dan kelompok kecil dapat disimpulkan produk buku panduan bibliokonseling untuk meningkatkan disiplin diri (self-discipline) siswa SMP ini dapat diterima (acceptable) secara teoritis. 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan pada konselor dapat menggunakan panduan bibliokonseling untuk meningkatkan disiplin diri (self-discipline) siswa SMP ini sebagai media konseling siswa. Bagi peneliti selanjutnya media bibliokonseling ini dapat dilanjutkan dengan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan media bibliokonseling peningkatan disiplin diri siswa SMP. 12288 12288
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2130 |
Actions (login required)
View Item |