Efektivitas pemanfaatan modul bimbingan seksual dalam meningkatkan pengetahuan seksual sehat pada siswa SMP / Novita Nirmala Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pemanfaatan modul bimbingan seksual dalam meningkatkan pengetahuan seksual sehat pada siswa SMP / Novita Nirmala Sari

Sari, Novita Nirmala (2014) Efektivitas pemanfaatan modul bimbingan seksual dalam meningkatkan pengetahuan seksual sehat pada siswa SMP / Novita Nirmala Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Novita Nirmala 2014. Efektivitas Pemanfaatan Modul Bimbingan Seksual Dalam Meningkatkan Pengetahuan Seksual Sehat Pada Siswa SMP. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. M. Ramli M.A (II) Dr. H. Im. Hambali M.Pd Kata kunci Efektivitas Modul Bimbingan Seksual Pengetahuan Seksual Sehat 12288 12288 12288 12288 Meningkatnya kasus-kasus perilaku seksual pada remaja secara dramatis merupakan alasan utama yang mendorong upaya global dalam memberikan dukungan untuk melakukan bimbingan seks di sekolah. Salah satu strategi yang dapat digunakan dalam memberikan pengetahuan tentang seksual yang sehat adalah menggunakan modul bimbingan. Manfaat penggunaan modul yaitu dapat memberikan bimbingan kepada siswa yang jumlahnya besar serta memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar secara individu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan modul bimbingan seksual dalam meningkatkan pengetahuan seksual sehat pada siswa SMP. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dimana menggunakan dua kelas kelas yakni kelas kontorl dan kelas eksperimen yang telah terbentuk (intact group). Untuk mengukur tingkat efektifitas modul maka digunakan pretest dan posttest pada masing-masing kelas kemudian membandingkan Gain Score antar kedua kelompok tersebut. Uji hipoesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t independen dua arah (t-test independent) untuk mengujij signifikansi dengan t-hitung dan t-tabel yang diperoleh dari analisis SPSS. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pengetahuan seksual siswa antara kelas kontrol (tanpa menggunakan modul) dengan kelas eksperimen (memanfaatkan modul). Sehingga pemanfaatan modul efektif dalam meningkatkan pengetahuan seksual sehat siswa SMP. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil tersebut maka disarankan bagi siswa untuk memanfaatkan modul bimbingan seksual sehat untuk meningkatkan pengetahuan serta menerapkannya sehingga siswa mengetahui dampak dan akibat dari perilaku seksual yang menyimpang. Bagi konselor agar lebih kreatif dan variatif dalam memanfaatkan modul bimbingan seksual sehat. Bagi orang tua agar selalu mengontrol kehidupan pribadi anak terutama mengenai pentingnya pendidikan seksual bagi anak khususnya bagi mereka yang memiliki anak pada usia remaja. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2125

Actions (login required)

View Item View Item