Pahlevy, Syahnaz (2014) Efektivitas solution-focused brief counseling untuk membantu meningkatkan sikap asertif siswa SMP / Syahnaz Pahlevy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pahlevy Syahnaz. 2014. Efektivitas Solution-Focused Brief Counseling untuk Membantu Meningkatkan Sikap Asertif Siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. M. Ramli M. A (2) Dr. Imam Hambali M. Pd. Kata Kunci Efektivitas Solution-Focused Brief Counseling Asertif Siswa SMP Masa transisi dari anak-anak menuju dewasa merupakan masa individu mengalami berbagai perubahan dan permasalahan di dalamnya. Bersikap non-asertif sering menjadi awal permasalahan yang dialami remaja. Bentuk sikap non-asertif siswa antara lain memendam perasaan berpura-pura menahan perbedaan pendapat dan tidak mampu menolak ajakan teman karena takut menyakiti perasaan. Salah satu fungsi bimbingan dan konseling di sekolah adalah pengentasan. Salah satu contohnya adalah mengentaskan siswa dari perilaku non-asertif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Solution Focused Brief Counseling (SFBC) dalam meningkatkan perilaku asertif siswa SMP. SFBC merupakan salah satu pendekatan yang efektif digunakan dalam meningkatkan asertivitas siswa. Konseling singkat berfokus pada solusi memiliki tujuan yang spesifik dan meyakini perubahan kecil mengarahkan pada perubahan lebih besar membuat individu memiliki keyakinan pada diri secara positif tentang kemampuannya bersikap asertif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan pola one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP yang berjumlah lima siswa.Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dengan menggunakan skala asertif yang diberikan sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dan setelah diberikan perlakuan (post-test). Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan SPSS 20.00 melalui uji non-parametrik Wilcoxon Signed Ranks Test. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Solution-Focused Brief Counseling efektif untuk meningkatkan asertivitas siswa dengan Z -2 023 (sig. 0 043
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2110 |
Actions (login required)
View Item |