Pelaksanaan kurikulum muatan lokal di SMP Islam Fatahillah Singosari Kabupaten Malang / Maisafitri Nora - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan kurikulum muatan lokal di SMP Islam Fatahillah Singosari Kabupaten Malang / Maisafitri Nora

Nora, Maisafitri (2011) Pelaksanaan kurikulum muatan lokal di SMP Islam Fatahillah Singosari Kabupaten Malang / Maisafitri Nora. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kurikulum muatan lokal pelaksanaan pembelajaran SMPI Fatahillah Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang sesuai dengan ciri khas daerah potensi daerah termasuk keunggulan daerah yang tidak dapat dikelompokkan kedalam mata pelajaran lain. Mata pelajaran muatan lokal bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan keterampilan dan perilaku kepada peserta didik agar mereka memiliki wawasan yang mantap tentang lingkungan dan masyarakat sesuai dengan nilai yang berlaku di daerahnya dan mendukung kelangsungan pembangunan daerah serta pembangunan nasional. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup persiapan pelaksanaan kurikulum muatan lokal pelaksanaan pembelajaran kurikulum muatan lokal dan tindak lanjut pembelajaran muatan lokal di SMPI Fatahillah Singosari. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa paparan kata-kata pelaksanaan kurikulum muatan lokal di SMPI Fatahillah Singosari. Pengumpulan data dilakukan dengan prosedur wawancara observasi dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dilakukan dengan cara reduksi penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi. Hasil penelitian diperoleh dari pelaksanaan kurikulum muatan lokal di SMPI Fatahillah adalah 1) Pada persiapan pelaksanaan kurikulum muatan lokal sekolah belum sepenuhnya memperhatikan kesesuaian dengan potensi yang ada di lingkungan sekolah. Penentuan guru untuk mengajar muatan lokal sudah sesuai dengan proses penentuan guru. Sekolah tidak mengembangkan SK KD untuk muatan lokal yang dikembangkan oleh sekolah. Guru muatan lokal bahasa daerah telah membuat silabus sesuai dengan ketentuan pengembangan silabus. Dalam penyusunan RPP tujuan yang dirumuskan ada yang tidak mengunakan kata kerja operasional. 2) Kegiatan pembelajaran guru kurang memanfaatkan lingkungan pada saat proses belajar mengajar. Penilaian yang dilakukan pada semua muatan lokal hampir sama dengan penilaian pembelajaran pada umumnya. 3) Dalam tindak lanjut pembelajaran guru melakukan program remedi dan pengayaan. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diajukan adalah sebagai berikut 1) Bagi kepala sekolah hendaknya sekolah lebih memperhatikan potensi yang ada di lingkungan sekolah dalam penentuan muatan lokal yaitu dengan memasukkan pertanian dan mesin kedalam muatan lokal yang sesuai dengan potensi daerah di lingkungan sekolah yaitu pertanian dan banyaknya pabrikpabrik. Selain itu sebelum melaksanakan kurikulum muatan lokal yang dikembangkan sekolah hendaknya membuat SK dan KD dengan melibatkan guru ahli bidang kajian komite sekolah ahli dari instansi lain yang sesuai dan disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. 2) Bagi guru dalam penyusunan RPP hendaknya tujuan yang dirumuskan memakai kata kerja operasional yaitu kata kerja yang memuat dan mengandung makna bisa dilakukan melalui perbuatan dan tindakan (bisa dilihat/tidak abstrak). Sebaiknya dalam kegiatan belajar muatan lokal guru lebih memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dengan memasukkan potensi yang ada di lingkungan ke dalam materi muatan lokal yang sesuai. Metode yang digunakan guru hendaknya lebih variatif. Hendaknya remedi tidak hanya diberikan kepada siswa yang belum memenuhi KKM. Tetapi remedial juga dilakukan untuk memperbaiki semua sistem belajar mengajar. 3) Bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian tentang pelaksanaan muatan lokal di SMPI Fatahillah dapat menerapkan model-model pembelajaran strategi pembelajaran dan media pembelajaran yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item View Item