Sari, Aprillya Mondhita (2014) penerapan model pembelajaran cooperative script berbasis discovery learning untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa kelas X-1 MA Al-Maarif Singosari / Aprillya Mondhita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sari Aprillya Mondhita. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X-1 MA AL-MAARIF Singosari . Skripsi Program Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Purbo Suwasono M.Si (II) Dr. Parno M.Si Kata Kunci Model Cooperative Script Discovery Learning minat belajar pemahaman konsep 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi kemampuan minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa kelas X-1 MA ALMAARIF Singosari cukup rendah dan perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru fisika MA ALMAARIF Singosari diketahui bahwa rata-rata nilai tes harian siswa kelas X-1 untuk pelajaran fisika adalah 64 41. Nilai tersebut masih di bawah SKM (Standar Ketuntasan Minimum) yang ditentukan yaitu 75. Presentase siswa yang lulus untuk ujian pertama sebanyak 24 44% yang semestinya masih bisa ditingkatkan lagi. Salah satu upaya untuk memecahkan permasalahan tersebut diterapkan suatu pembelajaran dengan model Cooperative Script berbasis Discovery Learning. Pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Cooperative Script berbasis Discovery Learning ini menuntun siswa untuk dapat menemukan kesimpulan sendiri dan ide-ide pokok suatu materi serta membandingkan ide pokok tersebut dengan ide temannya. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian adalah Tindakan Kelas. Penelitian berlangsung dalam dua siklus pada kelas X-1 MA ALMAARIF Singosari yang berjumlah 45 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan catatan lapangan lembar observasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif (berupa kata-kata atau kalimat) dan kuantitatif (berupa angka). 12288 12288 12288 12288 Proses pelaksanaan model pembelajaran Cooperative Script berbasis Discovery Learning membutuhkan tiga tahapan yaitu tahap awal tahap inti dan tahap akhir. Pada tahap awal guru mengaitkan materi yang akan diajarkan dengan kehidupan sehari-hari selanjutnya guru membagi siswa ke dalam kelompok untuk melakukan praktikum.tahap inti guru meminta siswa untuk berkelompok berpasangan. Siswa membaca materi dari guru dan memahami isi teks yang kemudian siswa meringkas ide-ide pokok dari materi dan meyampaikan kepada pasangannya. Pada tahap akhir siswa dan guru membuat kesimpulan pelajaran. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterlaksanaan pembelajaran dari siklus I sebesar 93 95% menjadi 98 51% pada siklus II untuk guru dan untuk siswa terjadi peningkatan dari siklus I 89 24% menjadi 96 53% pada siklus II. Minat belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 73 52 dan meningkat pada siklus II menjadi 82 87. Pemahaman konsep fisika siswa mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata pemahaman konsep sebesar 72 18 dan pada siklus II naik menjadi 77 89. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Script berbasis Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan minat belajar siswa dan pemahaman konsep fisika siswa kelas X-1 MA ALMAARIF Singosari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20669 |
Actions (login required)
View Item |