Pengaruh model pembelajaran REACT terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 21 Malang / Nurul Farida Trisna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran REACT terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 21 Malang / Nurul Farida Trisna

Trisna, Nurul Farida (2013) Pengaruh model pembelajaran REACT terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 21 Malang / Nurul Farida Trisna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci REACT prestasi belajar fisika kemampuan berpikir kritis Salah satu pembelajaran yang dilakukan siswa adalah dengan cara penemuan konsep sendiri dan penilaian diri adalah dengan menggunakan model pembelajaran REACT. Dengan memperhatikan kemampuan berpikir kritis penerapan model pembelajaran REACT berpotensi meningkatkan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah Menguji perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan model pembelajaran REACT dan yang belajar dengan konvensional interaksi antara model pembelajaran REACT dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar fisika prestasi belajar fisika siswa yang memiliki kemampaun berpikir kritis tinggi dan rendah antara yang belajar dengan model pembelajaran REACT dan yang belajar dengan konvensional. Rancangan penelitian menggunakan desain faktorial 2x2. Model pembelajaran REACT-JB sebagai variabel bebas kemampuan berpikir kritis sebagai variabel moderator dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 21 Malang dan sampel penelitian adalah siswa kelas 8.3 dan 8.8 sebagai kelas eksperimen kelas 8.1 dan 8.5 sebagai kelas kontrol. Prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis diukur dengan menggunakan tes objektif. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan anava dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey dengan taraf signifikansi 0.05. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Hasil penelitian adalah 1) tidak terdapat perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan model pembelajaran REACT dengan siswa yang belajar secara konvensional. 2) Terdapat interaksi model pembelajaran REACT dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar fisika. 3) Prestasi belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi yang belajar dengan model pembelajaran REACT lebih tinggi dibanding siswa yang belajar dengan cara konvensional. 4) Prestasi belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah yang belajar dengan model pembelajaran REACT lebih rendah dibanding siswa yang belajar dengan konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20602

Actions (login required)

View Item View Item