Penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMP Islam Wajak Malang / Munawaroh Anisatul Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMP Islam Wajak Malang / Munawaroh Anisatul Azizah

Azizah, Munawaroh Anisatul (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMP Islam Wajak Malang / Munawaroh Anisatul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Keaktifan Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa siswa kelas VIII-A SMP Islam Wajak masih terlihat kurang aktif dan cenderung bersikap individual sehingga kerjasama antar siswa masih kurang. Siswa terlihat pasif dan sedikit siswa yang beranin bertanya mengenai materi yang disampaikan guru. Selain itu dari wawancara dengan guru fisika menunjukkan bahwa nilai ulangan siswa belum mencapai KKM yang ditentukan sebesar 70. Ketuntasan belajar secara klasikal hanya 43 3%. Selain itu metode mengajar guru masih cenderung pemberian informasi pada siswa (ceramah). Oleh karena itu perlu metode atau model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir siswa sehingga keaktifan dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Model pembelajaran yang sesuai adalah pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Model pembelajaran ini terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap Think (berpikir individu) Pair (berpasangan) dan Share (berbagi). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan getaran dan siklus II dengan pokok bahasan gelombang. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa keaktifan dan hasil belajar siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi keaktifan belajar siswa serta perangkat tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMP Islam Wajak. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa sebelum diberi tindakan dan setelah dilakukan tindakan. Pada siklus I persentase keaktifan belajar mencapai 52 6 %. Pada siklus II persentase keaktifan belajar menjadi 77% sehingga meningkat 24 4% dari siklus I. Penerapan pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar pada aspek kognitif. Persentase ketuntasan belajar sebelum tindakan sebesar 43 3% dengan nilai rata-rata 61 2. Pada siklus I nilai rata-rata 69 5 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 66 7% sehingga meningkat sebesar 23 4% dari sebelum diberi tindakan. Pada siklus II nilai rata-rata 76 8 dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 83 3% sehingga mengalami peningkatan sebesar 16 6% dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMP Islam Wajak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20559

Actions (login required)

View Item View Item