Widianingrum, Aldina Rifka (2012) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap hasil belajar dan kemampuan Higher Order Thingking (HOT) siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Malang / Aldina Rifka Widianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci problem based instruction hasil belajar kemampuan HOT Pembelajaran fisika sebaiknya melibatkan siswa dalam penyelidikan yang berorientasi inkuiri dengan interaksi antara siswa dengan guru dan siswa de-ngan siswa lainnya. Pembelajaran fisika yang berpusat pada siswa dan mene-kankan pentingnya belajar aktif berarti mengubah persepsi bahwa guru yang selalu memberikan informasi dan menjadi sumber pengetahuan bagi siswa se-hingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Pembelajaran fisika sebaiknya dilakukan secara inkuiri untuk menumbuhkan kemampuan berpikir. Salah satu ketrampilan berpikir yaitu kemampuan High Order Thinking (HOT). Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Problem Based In-struction (PBI). Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji ada tidaknya per-bedaan hasil belajar Fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Malang melalui pembelajaran PBI dan pembelajaran konvensional (2) menguji ada tidaknya perbedaan kemampuan HOT Fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Malang melalui pembelajaran PBI dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu (Quasi Experi-ment). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Malang. Di antara 8 kelas yang ada dilakukan pengambilan sampel secara acak. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan pembelajaran PBI dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan pembelajaran konvensional. Data hasil belajar dan ke-mampuan HOT siswa dianalisis statistik dengan menggunakan teknik one sam-ple t -test . Berdasarkan hasil penelitian (1) hasil belajar fisika siswa yang dibelajar-kan dengan menggunakan model PBI lebih tinggi dari pada siswa yang dibela-jarkan dengan model konvensional. Perbedaan hasil belajar siswa ditunjukkan dari hasil uji-t data yang menunjukkan Sig.2-tailed 0 000
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20549 |
Actions (login required)
View Item |