Mustikasari, Rinta (2012) Penerapan model pembelajaran REACT berbantuan Mind Map untuk meningkatkan social skills dan penguasaan konsep fisika siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Ngantang / Rinta Mustikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci REACT mind map social skills penguasaan konsep fisika. Penelitian ini menerapkan REACT berbantu mind map pada pembelajaran fisika. Pembelajaran dilaksanakan pada pokok bahasan cahaya dan alat optik. Alasan dilakukan penelitian ini adalah rendahnya nilai rata-rata kelas VIII-B di SMP Negeri 1 Ngantang yaitu sebesar 63.35 yang terindikasi rendahnya penguasaan konsep terhadap fisika. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru pada saat kegiatan tanya jawab mereka cenderung diam dan tidak berani menjawab pertanyaan yang diajukan oleh gurunya. Pada kegiatan laboratorium dan diskusi hampir jarang dilakukan karena keterbatasan waktu dan tempat sehingga siswa kurang terbiasa bekerjasama dalam kelompok. Hal ini menyebabkan social skills siswa masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran REACT berbantuan mind map di kelas VIII-B 2) mengetahui peningkatan social skills siswa kelasVIII-B dengan menggunakan model pembelajaran REACT berbantuan mind map dan 3) mengetahui peningkatan penguasaan konsep fisika siswa kelasVIII-B dengan menggunakan model pembelajaran REACT berbantuan mind map. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan penelitian pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII-B semester genap tahun ajaran 2011-2012 SMP Negeri 1 Ngantang yang berjumlah 32 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei 2012. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru catatan lapangan lembar observasi social skills dan tes penguasaan konsep fisika. Keterlaksanaan penerapan REACT berbantu mind map dicatat dalam lembar observasi kegiatan guru dan catatan lapangan dan penilaian social skills dicatat dalam lembar observasi social skills sedangkan penguasaan konsep fisika diperoleh dari tes hasil belajar di akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keterlaksanaan model pembelajaran REACT berbantuan mind map mengalami peningktan dari siklus I sebesar 71.8 % ke siklus II sebesar 89.2 % 2) peningkatan social skills siswa secara klasikal yaitu 43.31 (siklus I) menjadi 56.10 (siklus II) 3) Pada penguasaan konsep fisika menunjukkan peningkatan dari 67.09 (siklus I) menjadi 74.13 (siklus II) peningkatan juga terlihat pada jumlah siswa yang memenuhi KKM 70 sebesar 40.62% (siklus I) menjadi 66.94 (siklus II). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran REACT berbantu mind map dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika dan social skills siswa kelas VIII-B SMP 1 Ngantang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20527 |
Actions (login required)
View Item |