Andriani, Yulia (2011) Implementasi strategi dan pemanfaatan media pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia untuk kelas V SD di SDn Tanjung Rejo 5 Malang / Yulia Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Strategi Pemanfatan Media Pembelajaran Strategi adalah pendekatan yang dipakai oleh guru untuk menentukan cara penyajian pelajaran pemilihan sumber belajar penentuan kegiatan peserta didik serta langkah-langkahnya yang akan ditempuh dalam mencapai tujuan instruksional. Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V di SDN Tanjung Rejo 5 Malang strategi yang digunakan guru selama pembelajaran berlangsung menggunakan strategi PAKEM dengan memanfaatkan media cetak (buku teks cerita anak). Strategi PAKEM sudah ditetapkan sekolah melalui surat pernyataan dari kepala sekolah SDN Tanjung Rejo 5 Malang (terlampir). Penelitian dilaksanakan dengan tujuan (1) Mendeskripsikan implementasi strategi PAKEM pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas V di SDN Tanjung Rejo 5 Malang (2) Mendeskripsikan implementasi pemanfaatan media cetak pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas V di SDN Tanjung Rejo 5 Malang Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang dirancang dalam bentuk studi kasus dengan obyek penelitian SDN Tanjung Rejo 5 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi wawancara partisipasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data display data mengambil kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan ketekunan penelitian dan trianggulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Implementasi strategi PAKEM yang terdiri dari 3 tahap yaitu sebelum selama sesudah. Tahap sebelum guru memberikan stimulus kepada peserta didik dengan menunjuk salah satu peserta didik untuk bercerita di depan teman-temannya. Tahap selama peserta didik membentuk diskusi kelompok dengan memanfaatkan buku cerita SERIAL TOTI. Tahap sesudah peserta didik mengerjaan soal evaluasi secara berkelompok dan individu. (2) Pemanfaatan media cetak terdiri dari tiga tahap. Tahap sebelum peserta didik memanfaatkan perpustakaan sekolah untuk meminjam buku SERIAL TOTI. Tahap selama (pembukaan inti/pengembangan) peserta didik mendiskusikan cerita untuk menentukan unsur cerita dengan membaca dari awal hingga akhir setelah itu ditutup kembali tanpa membacanya lagi. Tahap sesudah peserta didik mengembalikan media yang dimanfaatkan pada tempat semula kemudian hasil kerjanya di pajang di kantong file yang ada di belakang kelas. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada (1) SDN Tanjung Rejo 5 Malang inventarisasi media pembelajaran yang dapat diperoleh dari paguyupan orang tua murid (2) Guru melibatkan peserta didik untuk aktif belajar tidak hanya di kelas namun diluar kelas (3) Peneliti untuk menindak lanjuti penelitian lanjutan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/204 |
Actions (login required)
View Item |