Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang semester II tahun ajaran 2009/2010 / Endro Lesmono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang semester II tahun ajaran 2009/2010 / Endro Lesmono

Lesmono, Endro (2010) Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang semester II tahun ajaran 2009/2010 / Endro Lesmono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Paket IPA Terpadu Konstruktivisme Kompetensi IPA Pembelajaran IPA di SMP Negeri 4 Malang belum dilaksanakan secara terpadu dikarenakan keterbatasan bahan ajar. Sedangkan tuntutan kurikulum pembelajaran IPA di SMP/MTs harus dilaksanakan secara terpadu. Pada tahun 2009 telah dikembangkan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan oleh Cahyono dkk yang telah divalidasi isi namun belum diuji cobakan secara empirik untuk mengetahui keefektivan paket terhadap kompetensi belajar IPA. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi IPA antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan dan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan rancangan pretest postest control group design yaitu memberikan perlakuan pada kelompok eksperimen dengan pembelajaran mengunakan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan sedangkan untuk kelompok kontrol dibelajarkan secara konvensional. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIG sebanyak 30 orang sebagai kelompok eksperimen dan sebagai kelompok kontrolnya adalah kelas VIIC yang berjumlah 33 orang. Kompetensi IPA diukur dengan instrument tes prestasi belajar sebanyak 17 soal berbentuk pilihan ganda dengan reliabilitas 0 7 tes kerja ilmiah sebanyak 10 soal berbentuk essay dengan relibilitas 0 6 dan skala sikap sebanyak 16 soal dengan nilai reliabilitas 0 8. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar dan kerja ilmiah antara siwa yang mendapat pembelajaran mengunakan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan dan siswa mendapat pembelajaran konvensional. Tidak terdapat perbedaan sikap ilmiah antara siwa yang mendapat pembelajaran mengunakan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan dan siswa mendapat pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk pembelajaran IPA kelas VII KD 1.5 3.4 4.4 7.1 dan 7.4 menggunakan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20337

Actions (login required)

View Item View Item