Persepsi guru terhadap implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMP Negeri 1 Srengat / Pungky Choirunnisa Nugroho Wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru terhadap implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMP Negeri 1 Srengat / Pungky Choirunnisa Nugroho Wati

Wati, Pungky Choirunnisa Nugroho (2011) Persepsi guru terhadap implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMP Negeri 1 Srengat / Pungky Choirunnisa Nugroho Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci persepsi implementasi KTSP. Peningkatan kualitas pendidikan terus-menerus dilakukan baik secara konvensional maupun inovatif. Dalam pembaharuan pendidikan ada tiga isu utama yang perlu disoroti salah satu diantaranya adalah pembaharuan kurikulum dan kurikulum pengganti yang dianggap lebih baik yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Dalam KTSP kemampuan guru sangatlah penting dalam mengembangkan silabus mengembangkan RPP mengembangkan program melaksanakan evaluasi mengetahui faktor pendukung dan penghambat dan upaya mengatasi faktor penghambat. Oleh karena itu persepsi guru tentang berbagai hal terkait KTSP perlu di ungkap. Permasalahan yang perlu dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru terhadap KTSP. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan persepsi guru tentang pengembangan silabus dalam KTSP (2) mendeskripsikan persepsi guru tentang pengembangan RPP dalam KTSP (3) mendeskripsikan persepsi guru tentang pengembangan program dalam KTSP (4) mendeskripsikan persepsi guru tentang evaluasi pembelajaran (5) mendeskripsikan persepsi guru tentang faktor pendukung dan penghambat implementasi KTSP (6) mendeskripsikan persepsi guru tentang upaya untuk mengatasi faktor penghambat implementasi KTSP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah guru SMPN 1 Srengat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan berikut reduksi data narasi deskriptif dan narasi abstraksi sementara dan narasi abstraksi akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)persepsi guru tentang pengembangan silabus adalah guru yang tergabung dalam MGMP merupakan guru yang mengembangkan silabus (2)persepsi guru tentang pengembangan RPP adalah sesuai dengan format RPP dalam KTSP (3)pengembangan program yang biasa dipergunakan oleh guru meliputi promes prota remidi dan pengayaan (4) evaluasi pembelajaran sesuai dengan bidang studi mata pelajaran (5)faktor penghambat dan pendukung implementasi adalah keberagaman siswa sarana dan prasarana (6)untuk mengatasi hambatan yang dihadapi adalah dengan pemberian motivasi terhadap siswa dan pemakaian metode pembelajaran yang tepat. Adapun saran yang diajukan adalah (1)peningkatan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran (2)pemberian motivasi kepada siswa untuk peningkatan prestasi (3)bagi penelitian selanjutnya diharapkan adanya variasi variabel yang beragam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item View Item