Konstribuasi kemampuan aspek-aspek proses belajar mengajar (PBM) terhadap keberhasilan pelaksanaan program pengalaman lapangan (PPL) bagi mahasiswa pendidikan fisika Universitas Negeri Malang oleh Heni Herawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Konstribuasi kemampuan aspek-aspek proses belajar mengajar (PBM) terhadap keberhasilan pelaksanaan program pengalaman lapangan (PPL) bagi mahasiswa pendidikan fisika Universitas Negeri Malang oleh Heni Herawati

Herawati, Heni (2010) Konstribuasi kemampuan aspek-aspek proses belajar mengajar (PBM) terhadap keberhasilan pelaksanaan program pengalaman lapangan (PPL) bagi mahasiswa pendidikan fisika Universitas Negeri Malang oleh Heni Herawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matakuliah Proses Belajar Mengajar (MPBM) merupakan aspek penting bagi setiap mahasiswa pendidikan dalam kegiatan proses belajar mengajar. Dengan memiliki pembekalan MPBM yang mantap d iharapkanr nahasiswarn ampud an percaya diri dalam menghadapi proses belajar mengajar di lapangan (SLTP/SMU). Kemampuan dalam berbagai aspek PBM yang telah diperoleh di bangku kuliah diwujudkan dalam pelaksanaanP PL. ProgramP engalamanL apangana dalahp rogramk egiatanm ahasiswab elajar berlatih merfialankanf ungsi dan tugasg uru mengajar m embimbing siswa mengevaluasim emahamia dministrasid an pengelolaans ekolah.p pl- sebagamr uara belajary ang mengintegrasikanb erbagaip engalamanb elajar di kampus s elanjutnya rnempraktekkanil mu dan pengetahuannydai lapangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kemampuan aspekaspek PBM yang terdiri dari Strategi Belajar Mengajar (sBM) Evaluasi pendidikan Fisika (EPF) PengembangaPn rogramP engajaranF isika 3F)t erhadapk eberhasilan pelaksanaanP PL. Kontribusi yang dideskripsikand alam penelitiani ni adalah ( l) kontribusi kemampuana spekS BM terhadapk eberhasilanp elaksanaanp pl- (2) kontribusi kemampuana spekE PF terhadapk eberhasilanp elaksanaanp pl. (3) kontribusi kemampuana spekP 3F terhadapk eberhasilanp elaksanaanp pl- (4) aspek-aspeke mampuanP BM mana yang paling besarm emberikank ontribusi terhadapk eberhasilanp elaksanaanP PL. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa pendidikan fisika yang melaksanakanP PL semesterg asalt ahun akademik 200012001dKi otamadyaM alang denganm enggunakanrn etodee xpostf acto. Datapenelitian diperolehd ari hasil instrumena spek-aspeke mampuanP BM mahasiswap pl- pendidikanf isika beserta guru pamongy ang berupak uesionert ertutup.K eberhasilanp elaksanaanp pldinyatakan dalam bentuk nilai PPL yang diperoleh langsung dari UpT ppl- Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi kemampuan aspek SBM terhadapk eberhasilanp elaksanaanP PL sebesar2 2 67%( 2) terdapatk ontribusi aspek kemampuanE PF terhadapk eberhasilanp elaksanaanp pl- sebesar5 55% (3) terdapat aspekk ontribusi kemampuanP 3F terhadapk eberhasilanp elaksaaanp pl- sebesar 53 65%( 4) aspek-aspeke mampuanP BM yang paling besarm emberikank ontribusi terhadapk eberhasilanp elaksanaanP PL adalaha spekk emampuanP 3F sebesar 53 65%.J adi kontribusi aspek-aspeke mampuanP BM terhadapk eberhasilan pelaksanaanP PL padam ahasiswap endidikanf isika PPL semesterg asalt ahun akademik 2000/2001 mencapai 81 87 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20296

Actions (login required)

View Item View Item