Desain user interface dan user experience sistem layanan manajemen kos berbasis website di masa pandemi covid-19 dengan metode design thinking / Ziadatu Ikrimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Desain user interface dan user experience sistem layanan manajemen kos berbasis website di masa pandemi covid-19 dengan metode design thinking / Ziadatu Ikrimah

Ikrimah, Ziadatu Ikrimah (2022) Desain user interface dan user experience sistem layanan manajemen kos berbasis website di masa pandemi covid-19 dengan metode design thinking / Ziadatu Ikrimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

World Health Organization mengumumkan pandemic Covid-19 pada tanggal 11 Maret 2020 hal tersebut akhirnya membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dimana masyarakat dilarang untuk berkumpul ditempat umum dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan pekerjaan di rumah. Selama PSBB semua instansi pendidikan universitas sekolah tempat kursus maupun balai diklat meliburkan kegiatan belajar mengajar yang selama ini dilaksanakan dengan tatap muka di kelas. Pemberlakuan pembatasan sosial telah menimbulkan kecemasan dan rasa takut di seluruh dunia. Dengan pembatasan sosial maka sangat mempengaruhi beberapa pemilik kos sehingga mengakibatkan kerugian. Banyak pelajar yang memilih untuk berhenti kos dikarenakan perkuliahan bisa dilaksanakan dari rumah dan berbagai wisatawan dari beberapa negara juga dilarang masuk di Indonesia untuk memutus rantai penularan covid-19. Di saat pandemi pendapatan pemilik kos hanya untuk para karyawan yang tetap melaksanakan kerja di perusahaan. Tetapi dengan menjaga jarak yang diterapkan oleh pemerintah maka pemilik kos tidak bisa memantau kos secara berkala seperti hari biasanya karena takut dengan tertularnya virus tersebut. Dari permasalahan tersebut maka dapat diberi solusi bahwa perlu adanya platform pemantauan manajemen kos berbasis website yang lebih memudahkan para pemilik kos untuk mengetahui kondisi keuangan maupun keluhan yang dialami penyewa tanpa perlu datang ke lokasi hanya dengan membuka website maka semua masalah akan bisa diatasi dari jarak jauh. Metode Design Thinking adalah sebuah metode untuk menyelesaikan sebuah masalah yang terdiri dari beberapa langkah antara lain berempati (empathize) pemahaman (define) pengertian (ideate) prototipe (prototype) dan pengujian (testing). Metode Design Thinking telah banyak digunakan untuk meningkatkan UX dan UI dari sebuah sistem dan menunjukkan peningkatan secara usability dari sistem yang diteliti. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan metode Design Thinking untuk menyelesaikan masalah yang dialami oleh pemilik kos.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/202296

Actions (login required)

View Item View Item