Fardhilla, Brillian Candra (2022) Analisis faktor-faktor terjadinya kecelakaan lalu lintas pada jalan raya kabupaten Trenggalek km. 0+000-km. 20+500 ruas trenggalek kota-batas kabupaten tulungagung / Brillian Candra Fardhilla. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kecelakaan lalu lintas merupakan kejadian celaka di jalan raya yang kejadiannya tanpa disangka tanpa terduga dan tidak diharapkan kejadiannya. Kecelakaan lalu lintas sering terjadi karena berbagai faktor penyebabnya seperti faktor manusia kondisi kendaraan dan kondisi jalan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas (2) Mendeskripsikan karakteristik penyebab kecelakaan lalu lintas (3) Menentukan daerah rawan kecelakaan (blacksite area). Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif yang bertujuan memberikan luasan gambaran data-data penelitian yang diperlukan. Data yang diperoleh merupakan data primer dan data sekunder. Data primer meliputi data volume lalu lintas harian rata-rata untuk jam puncak dan data jenis kendaraan data panjang ruas jalan perilaku pengemudi dan kondisi jalan. Data sekunder meliputi data jumlah kecelakaan dan data penyebab kecelakaan mulai tahun 2015 hingga tahun 2020 yang meliputi waktu kejadian kronologis kecelakaan pelaku kecelakaan kondisi jalan dan volume lalu lintas harian rata-rata tahunan tahun 2015-2020. Hasil dari analisis mulai tahun 2015 sampai dengan tahun 2020 terdapat 402 kejadian. Faktor penyebab kecelakaan lalu lintas paling besar adalah faktor manusia sebesar 80% sebanyak 320 kejadian. Korban kecelakaan keseluruhan mencapai 678 korban usia korban paling banyak menjadi korban pada usia 26-35 tahun sebesar 28 6 % korban jiwa berdasarkan jenis kelamin paling besar laki-laki sebesar 77 1 % keparahan korban kecelakan paling banyak luka ringan sebesar 80 97 % berdasarkan waktu terjadinya paling banyak terjadi pada pukul 07.01-08.00 sebesar 11 4 % berdasarkan hari paling banyak hari senin sebesar 80 % berdasarkan tipe tabrakan paling sering terjadi tabrak depan sebesar 27 % jenis kendaraan terlibat paling sering terjadi sepeda motor sebesar 53 2 % berdasarkan kondisi cuaca paling sering terjadi pada saat kering sebesar 80 6% berdasarkan kondisi cahaya paling sering terjadi pada saat terang jelas sebesar 59 2 % dan berdasarkan jenis desain jalan yang paling sering terjadi jalan lurus sebesar 84 %. Hasil analisis blacksite area pada km 19 000 dengan nilai AR 175 48 dan FR 159 03 lebih besar dari batas kontrol atas UCL 87. Hasil survey jam puncak (peak hours) daerah rawan kecelakaan pada ruas jalan yang menjadi daerah rawan kecelakaan tertinggi km 19 000 pada hari Senin 9 Agustus 2021 dapat diketahui jam puncak pada pukul 16.00-17.00 WIB dengan total volume kendaraan 1242 smp/jam dan pada hari Sabtu 14 Agustus 2021 dapat diketahui jam puncak pada pukul 07.00-08.00 WIB dengan total kendaraan 1084 smp/jam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 04:29 |
Last Modified: | 02 Apr 2024 07:33 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/202231 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |