Gemilang, Yusuf Prasetyo Gemilang (2021) Analisis desain bilah propeller quadcopter dengan metode computational fluid dynamics (cfd) / Yusuf Prasetyo Gemilang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Quadcopter adalah salah satu jenis Unmaned Aerial Vehicle (UAV) merupakan kendaraan udara yang dapat beroperasi secara berkelanjutan tanpa memerlukan operator atau pilot di dalamnya. Quadcopter memiliki ukuran kecil dan memiliki sistem VTOL (vertical take-off and landing) tanpa awak. Quadcopter dapat dikontrol dengan memvariasikan kecepatan empat motor dan tidak perlu hubungan mekanis untuk mengubah sudut dari bilah rotor dibandingkan dengan helikopter konvensional. Quadcopter dapat memainkan peran penting dalam situasi yang tidak bersahabat misalnya di pembangkit listrik tenaga nuklir untuk menggantikan manusia dari daerah berbahaya yang terpapar emisi radioaktif. Quadcopter memiliki beberapa komponen penting seperti rangka struktur rotor baterai dan propeller. Propeller secara langsung mempengaruhi kinerja dari quadcopter karena desain dari propeller yang akan mempengaruhi thrust force dari quadcopter. Saat ini perkembangan teknologi ini menuju solusi dari dua masalah utama yaitu meningkatkan daya tahan baterai dan meningkatkan muatan yang dapat diangkut. Maka perlu adanya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh desain bilah propeller dengan variasi sudut bilah 7 5 deg mdash 12 6 deg jumlah bilah 2 dan 3 dan kecepatan angin 15 mdash 30 m/s pada efisiensi. Penelitian ini menggunakan variasi sudut bilah (7 5 ndash 12 6) jumlah bilah (2dan 3) dan kecepatan angin (15 mdash 30 m/s). Simulasi desain bilah propeller quadcopter menggunakan software ANSYS dengan tipe fluent (CFD). Hasil yang didapatkan dari simulasi tersebut adalah nilai thrust force dan torsi yang akan digunakan untuk menganalisis efisiensi desain bilah propeller quadcopter. Hasil yang didapatkan adalah efisiensi tertinggi terletak pada bilah propeller quadcopter dengan variasi sudut bilah 7 5 deg jumlah bilah 2 dan kecepatan angin 30 m/s dengan nilai efisiensi sebesar 69 66%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Apr 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/202212 |
Actions (login required)
View Item |